Ini gaya yang akan ditampilkan SBY di 2013

Jum'at, 04 Januari 2013 - 21:20 WIB
Ini gaya yang akan ditampilkan SBY di 2013
Ini gaya yang akan ditampilkan SBY di 2013
A A A
Sindonews.com - Jika Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyebut blusukan sebagai istilah turun ke masyarakat. Namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) enggan disamakan dengan mantan Wali Kota Solo itu. SBY lebih memilih istilah turba alias turun ke bawah.

"Presiden SBY akan memakai waktu terbaiknya dalam dua tahun ke depan untuk turba alias turun ke bawah," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga, dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (4/1/2013).

Daniel menjelaskan, hal itu dilakukan untuk memonitoring dan evaluasi terhadap implementasi kebijakan, serta program aksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Dengan adanya interaksi langsung antara Presiden SBY dan warga, diharapkan dapat memberikan informasi dari tangan pertama tentang pencapaian program, hambatan, dan hal yang perlu dilakukan untuk perbaikan," ucapnya.

Lebih lanjut Daniel mengatakan, Presiden SBY akan memastikan dalam dua tahun ke depan mesin pemerintahan berjalan optimal untuk meningkatkan dampak dan manfaat program pemerintah.

"Gaya komunikasi publiknya juga akan lebih langsung dan tak berjarak. Mungkin dapat disebut lebih agresif," tuturnya.

Selain itu, dari segi manajemen dan kepemimpinannya, SBY juga akan lebih berorientasi pada solusi di lapangan dan perbaikan kebijakan yang bagus dan juga lebih interventif. Sementara untuk kegiatan seremonial dan protokoler akan disusutkan sepanjang 2013-2014.

"Pada dasarnya SBY akan lebih sering di lapangan dan melakukan kunjungan in cognito, kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya," ujarnya.

Menurutnya, Presiden SBY sangat menginginkan di akhir jabatannya pada Oktober 2014 mendatang dia dapat tersenyum karena telah melakukan yang terbaik untuk rakyat.

"Walaupun akan menjadi tahun penuh keringat, Presiden SBY jelas akan lebih tanpa beban, karena dia tidak sedang bersaing dengan siapa pun dalam Pilpres 2004. Bagi orang lain, ini akan menjadi tahun politik. Bagi kami ini akan menjadi tahun dengan hari yang panjang dan kurang tidur," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6384 seconds (0.1#10.140)