Keuntungan dapil luar negeri

Kamis, 27 Desember 2012 - 16:28 WIB
Keuntungan dapil luar negeri
Keuntungan dapil luar negeri
A A A
Sindonews.com - Daerah Pemilihan (Dapil) luar Negeri banyak membawa keuntungan bagi kepentingan Warga Negara Indonesia Luar Negeri (WNI LN). Akan muncul anggota DPR yang akan berkonsentrasi mengurusi persoalan WNI di luar negeri.

"Akan muncul anggota legislatif yang konsen masalah luar negeri," kata Peneliti Senior Soegeng Sarjadi Syndicate, Toto Sugiarto dalam diskusi di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2012).

Setiap permasalahan TKI di luar negeri, seperti pemerkosaan tidak pernah tuntas penyelesaiannya karena tidak ada perwakilan yang benar-benar konsen untuk mengurusi. Menurutnya, jika ada dapil luar negeri maka persoalan akan lebih terurus.

Selain itu, sambung Toto, anggota DPR akan lebih familiar bagi pemilih luar negeri, tapi kalau sekarang mereka tidak tahu anggota DPR yang mewakilinya siapa dan akan memunculkan tokoh politik yang konsen permasalahan luar negeri.

Jika ada dapil luar negeri, imbuhnya, maka partisipasi paemilih setiap pemilu akan lebih meningkat. "Akan meningkatkan jumlah pemilih, kalau sekarang 10 persen, akan lebih menigkat lagi," imbuhnya.

Memasukkan suara luar negeri ke daerah pemilihan Jakarta II yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan dinilai tidak relevan, karena kepentingan DKI dan luar negeri jauh berbeda.

"Memasukkan suara luar negeri ke DKI sama saja memasukkan suara luar negeri ke dalam laci ditutup," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8178 seconds (0.1#10.140)