Keamanan 39 gereja diperketat

Senin, 24 Desember 2012 - 19:44 WIB
Keamanan 39 gereja diperketat
Keamanan 39 gereja diperketat
A A A
Sindonews.com - Anggota Polres Batu dibantu tenaga Satpam dan pam swakarsa dari berbagai elemen masyarakat menjaga keamanan di 39 gereja yang tersebar di Kota Batu pada saat perayaan malam natal.

Kabag Humas Polres Batu, AKP Yantofan menegaskan, demi menjaga keamanan dari ancaman teroris. Di setiap gereja akan ditempatkan dua orang anggota polisi.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya. Dua anggota Polisi dibantu anggota Pam Swakarsa akan menjaga keamanan gereja. Setiap jemaat yang akan menjalankan ibadah di dalam gereja, kita periksa dulu didepan pintu masuk. Perlakuan ini untuk menjaga keamanan bersama," tegas Yantofan, di Mapolres Batu, Senin (24/12/2012).

Langkah awal, anggota Brimob Polda Jatim, Detasemen B, Pakis-Kabupaten Malang, menyisir seluruh gereja di Kota Batu.

"Kota Batu memiliki sejarah pernah sebagai tempat tinggal teroris. Apalagi sekarang kunjungan wisatawan sangat padat. Kita tidak ingin kecolongan dengan masalah keamanan itu," urainya.

Gereja Sekolah Tinggi Al Kitab (STAB) Desa Beji, Kecamatan Junrejo mendapatkan kesempatan bersama untuk disisir oleh anggota Brimob Polda Jatim.

Mulai bangku, altar sampai pohon Natal diperiksa oleh anggota Brimob Polda Jatim. Tidak ditemukan benda berbahaya yang bisa mengakibatkan ledakan.

Guru di STAB, Liviana menjelaskan, perayaan Natal tahun 2012 di tempatnya sudah digelar pada 18 Desember kemarin.

Perayaan Natal dilakukan lebih awal. Karena sebagian besar mahasiswa di STAB sudah pulang kampung.

"Pada malam Natal penghuni STAB tetap menggelar doa bersama di gereja. Tapi sifatnya tidak untuk umum. Kita berterima kasih kepada Pak Polisi karena sudah ikut menjaga keamanan kawasan gereja kami," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7997 seconds (0.1#10.140)