MPR desak Zainudin minta maaf ke Habibie

Kamis, 13 Desember 2012 - 10:53 WIB
MPR desak Zainudin minta maaf ke Habibie
MPR desak Zainudin minta maaf ke Habibie
A A A
Sindonews.com - Mantan Menteri Penerangan Malaysia Tan Sri Zainudin Maidin didesak untuk segera menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden ke-3 RI Bahadudin Jusuf (BJ) Habibie.

Zainudin diminta meminta maaf lantaran sudah menyebut Habibie sebagai "The Dog of Imperialism" dalam tulisan yang dibuatnya.

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari mengatakan, artikel yang dibuat Zainudin Maidin bukan lagi mengatasnamakan Menteri Penerangan Malaysia.

"Karena yang bersangkutan sudah tidak menjabat. Untuk itu, pemerintah Malaysia tentu saja tidak ikut bertanggungjawab atas tulisan warga negaranya itu," tukas dia saat dihubungi wartawan, Kamis, (13/12/12).

Namun, pihaknya mendesak agar Zainudin secara pribadi harus mencabut tulisannya tersebut, terutama penggunaan kata-kata yang tidak senonoh.

"Setelah itu, Zainudin harus meminta maaf kepada Pak Habibie," imbuhnya.

Menurut dia, dalam era demokrasi mengkritik itu boleh, apalagi kritik atau pandangan, serta penilaian kritis terhadap seorang tokoh publik. Tetapi semestinya kritik itu disampaikan secara santun dan dengan pilihan diksi yang baik.

Dirinya juga tidak paham mengapa mantan Menteri Penerangan Malaysia itu menggunakan diksi yang begitu kasar dalam tulisannya. Karena itu, dirinya memandang, Zainudin juga perlu membuat klarifikasi dan meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

Dia melanjutkan, Warga Negara Indonesia (WNI), apalagi yang gemar menulis politik Internasional, banyak juga yang menulis tentang mantan pemimpin negara lain, dan juga mengkritiknya.

"Tapi yang penting jangan menghina, apalagi menggunakan diksi yang tidak senonoh dalam memberikan penilaian kepada pemimpin negara lain," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0791 seconds (0.1#10.140)