Sertifikat digital menjamin keamanan E-Goverment

loading...
Sertifikat digital menjamin keamanan E-Goverment
Sertifikat digital menjamin keamanan E-Goverment
A+ A-
Sindonews.com - Untuk menjamin keamanan E-Government, Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) telah berhasil melakukan kerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa dengan membuat otoritas sertifikat digital.

Upaya ini dilakukan sebagai bagian menjawab tantangan dalam implementasi tata pemerintahan yang dilaksanakan secara elektronik (e-government). Implementasi ini sangat dibutuhkan aspek keamanan informasi dan dokumen yang disimpan.

“Sertifikat Digital memberikan layanan kerahasiaan, otentifikasi, integritas dan nir-penyangkalan dengan menggunakan infrastruktur Kunci Publik, sehingga masyarakat dapat memperoleh pembelajaran terhadap penggunaan sertifikat digital,” ujar Kepala Lemsaneg Ddjoko Setiadi dalam acara acara sosialisasi Lemsaneg dan Bakohumas dengan tajuk “Jaminan Keamanan Transaksi Elektronik Dengan Sertifikat Digital Dalam Mendukung E-Government” di Hotel Kartika Candra, Jakarta Selatan (11/12/2012).

Menurutnya, informasi dan dokumen elektronik yang dipertukarkan dalam proses e-government hakekatnya berisi informasi yang bersifat terbuka, namun perlu diberikan jaminan keamanan agar informasi tersebut tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan oleh pihak lain sehingga diperlukan sertifikat digital.



“Saat ini kami telah membuat sistem untuk sertifikat digital untuk kebutuhan keamanan proses e-procurement yang dinamakan dengan otoritas Sertifikat Digital (OSD),” tukasnya.

Dia menyampaikan, bukan hanya pembuatan sertifikat digital, Lemsaneg juga membantu proses penggunaanya di setiap aplikasi sehingga membantu mewujudkan e-government yang terjamin.

“Lemsaneg siap membantu dalam proses pengamanan maupun penggunaan sertifikat digital di setiap aplikasi yang digunakan oleh kementerian dan lembaga untuk mewujudkan e-governement yang terjamin keamanan datanya. Sebagai contoh penerapan sertifikat digital yaitu pada e-ktp, e-passport, e-tax, e-custom dan lainnya,” tutupnya
(kur)
preload video
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top