Kloter terakhir tinggalkan tanah suci

Jum'at, 30 November 2012 - 03:29 WIB
Kloter terakhir tinggalkan tanah suci
Kloter terakhir tinggalkan tanah suci
A A A
Sindonews.com - Kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji Indonesia, meninggalkan Tanah Suci, Kamis (29/11/2012). Kloter 50 JKG (Debarkasi Pondokgede), dan Kloter 40 SUB (Debarkasi Surabaya), pulang ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi.

Mereka dilepas oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi yang juga Kepala Teknis Urusan Haji (TUH) Dr Syaerozi Dimyathi, Wakil Ketua Muasasah Adilla’ Madinah Muhammad Ali Maslub, Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar RI (KBRI) Riyadh Hendrar Pramudyo, Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari, Sekretaris Daker Madinah Sofwan Abdul Djani, dan para petugas haji Daker Madinah.

"Selamat jalan para tamu Allah, semoga selamat sampai tujuan, berkumpul bersama keluarga dan menjadi haji mabrur. Mewakili para panitia haji Indonesia, kami menyampaikan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam pelayanan ibadah haji di Arab Saudi," ujar Ketua PPIH Syaerozi Dimyathi.

Syaerozi mengharapkan para jemaah yang pulang ke Indonesia bisa menjadi teladan bagi masyarakat. "Mudah-mudahan segala amal yang kita laksanakan saat melaksanakan Rukun Islam kelima, bisa direalisasikan sepenuh hati. Sehingga kita menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama, bahagia dunia dan akhirat," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Muasasah Adilla’ Madinah Muhammad Ali Maslub mengatakan, pihaknya bangga melayani jemaah haji RI. "Karena jemaah Indonesia santun, ramah, dan sangat menjunjung tinggi akhlak. Kami mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam pelayanan ibadah haji," katanya.

Ali Maslub menilai, jemaah RI sangat memahami aturan dan teknis ibadah. "Dan kami memohon doa saudara-saudara agar kami dianugerahi kekuatan oleh Allah SWT dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu-tamu-Nya. Kami berdoa, semoga saudara-saudara menjadi haji mabrur, amin," katanya.

Dengan berakhirnya keberangkatan jemaah haji gelombahng 2 dari Madinah, maka berakhir pula seluruh kegiatan pelaksanaan ibadah haji tahun 2012/ 1433H. Dan rencananya seluruh petugas Haji termasuk Media Center Haji (MCH) akan pulang ke tanah air, pada Sabtu lusa.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)