17 jemaah Indonesia masih dirawat

Selasa, 27 November 2012 - 20:29 WIB
17 jemaah Indonesia masih dirawat
17 jemaah Indonesia masih dirawat
A A A
Sindonews.com - Pemulangan jemaah haji Indonesia ke tanah air akan berakhir pada 29 November 2012 mendatang. Namun hingga kini, 17 jemaah haji Indonesia masih menjalani perawatan, akibat sakit yang dideritanya.

Kepala Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah Septa Ekanita Hakim mengatakan, jemaah sakit yang dirawat di BPHI pada saat ini ada delapan orang, sedangkan di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak sembilan jemaah.

"Di BPHI, sebelumnya tinggal beberapa jemaah mau dievakuasi hari ini, ternyata bertambah lagi. Di BPHI jadi delapan jemaah lagi yang dirawat," ungkapnya di Madinah, Arab saudi, Selasa (27/11/2012).

Septa menjelaskan, proses evakuasi terhadap jemaah sakit untuk pemulangan ke tanah air terus dilakukan. Namun ada beberapa jemaah yang kemudian kembali dirawat, yang sebelum telah dievakuasi.

"Ada juga kemarin, tiga jemaah yang mau berangkat harus masuk kembali ke BPHI karena sakit, demam, batuk, sesak dan dibalikin lagi," tambahnya.

Dia Menambahkan, untuk jemaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi umumnya memiliki penyakit berat. "Penyakit itu, seperti gagal napas dan jantung, yang membuat perawatan dilakukan di ruang ICU," ungkapnya.

Sebagian besar, pasien yang dirawat di rumah sakit itu, harus menggunakan ventilator akibat sakitnya. Sejauh ini, dari sembilan pasien yang dirawat lima pasien jemaah akan dievakuasi untuk keluar dari rumah sakit.

"Prediksi terburuk, empat jemaah haji masih perlu mendapat perawatan yang intensif dan belum bisa dipulangkan ke tanah air," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9180 seconds (0.1#10.140)