43 jemaah haji masih jalani perawatan di Madinah

Sabtu, 24 November 2012 - 01:56 WIB
43 jemaah haji masih jalani perawatan di Madinah
43 jemaah haji masih jalani perawatan di Madinah
A A A
Sindonews.com - Memasuki hari ke 64 pelaksanaan ibadah haji, jemaah haji Indonesia masih banyak yang menjalani perawatan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah maupun di Rumah Sakit Arab Saudi.

Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah Tjetjep Ali menyatakan, sejauh ini 43 jemaah haji Indonesia yang menjalani perawatan akibat sakit.

"Pada hari ini, mereka yang di rawat di BPHI Madinah sebanyak 20 jemaah, Rumah Sakit Arab Saudi 23 orang," ungkap Tjetjep di Madinah, Arab Saudi, Jumat (23/11/2012).

Untuk jemaah haji yang menjalani rawat jalan dengan tetap dalam pengawasan tim kesehatan ada 10 orang. "Ada 10 jemaah yang saat ini menjalani rawat jalan," tambahnya.

Menurutnya, jemaah yang sakit dan dirawat sejauh ini sebagian besar adalah dari Embarkasi Surabaya dan solo. "Mereka menderita sakit di antaranya dari kecapean, batuk filek, jantung hingga gagal ginjal," jelasnya.

Sementara itu, dia menambahkan, jemaah yang sudah dievakuasi menuju Jeddah untuk dikembalikan kepada kloternya sebanyak 22 jemaah. "Ada dua lagi jemaah yang rencananya hari ini akan dievakuasi ke Jeddah, untuk pengembalian kepada rombongannya," imbuhnya.

Sedangkan jemaah haji yang ditanajulkan atau yang dipercepat kepulangannya ke tanah air sebanyak tujuh orang.

"Mereka dinilai telah memenuhi standar kesehatan dan layak terbang menuju ke tanah air dengan percepatan waktu atau menyusul jemaah kloternya yang telah tiba di tanah air," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9825 seconds (0.1#10.140)