Lift jemaah Indonesia jatuh dari lantai 4

Selasa, 13 November 2012 - 12:33 WIB
Lift jemaah Indonesia jatuh dari lantai 4
Lift jemaah Indonesia jatuh dari lantai 4
A A A
Sindonews.com - Musibah kembali menimpa jemaah haji Indonesia di Jeddah, Arab Saudi. Kali ini, sebuah lift di hotel transit Ghusun Al Arak di Jeddah yang ditumpangi jemaah, mengalami kerusakan dan jatuh hingga lantai dasar.

Kejadian menimpa sembilan anggota jemaah Kelompok terbang SOC-43 Solo yang jatuh dari lantai empat bersama lift yang ditumpanginya.

"Empat dari sembilan anggota jemaah terluka dan satu membutuhkan perawatan di BPHI (Badan Pelayanan Haji Indonesia) Jeddah, sedangkan tiga dirawat oleh dokter di hotel tersebut," kata Sekretaris Daker Jeddah Nur Alya Fitra, di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (13/11/2012).

Keempat korban, akhirnya diperbolehkan balik ke hotel transit yang lain di Jeddah sebelum berangkat menuju tanah air melalui Bandara Jeddah pada hari ini.

Empat korban itu yakni Sofiatun binti Sidik (63) mengalami bengkak di punggung, di kaki kanan dan kiri. Sementara ketiga orang lainnya, Suwarsih binti Suparti (63), Siti Nur Azzah binti M Nasir (46), dan Siti Sofiatun binti Sutar (63) mengalami nyeri punggung.

Terkait dengan insiden tersebut, Nur menegaskan, pihaknya sudah memutuskan untuk tidak menggunakan Ghusun Al Arak lagi, sekaligus meminta pergantian hotel yang layak serta ganti rugi atas insiden tersebut.

"Ini adalah kloter pertama dan terakhir yang akan menginap di hotel ini dan juga meminta ganti rugi kepada pihak hotel atas kecelakaan dan kerugian yang dialami jemaah," tegasnya.

Saat ditinjau ke lokasi kejadian, masih terdapat sepasang sepatu sandal perempuan berwarna putih dan dua botol air putih dalam kemasan. Sementara, lantai lift terlihat retak-retak dan dinding bawah yang menyambung dengan lantai berubin cokelat terang terlihat pecah.

Sebelumnya, empat bus jemaah haji Indonesia mengalami kecelakaan beruntun dalam perjalanan menuju Jeddah, Arab Saudi.

"Sejauh ini diketahui tidak ada korban jiwa, namun ada 19 jemaah yang mengalami luka serius. 19 jemaah itu, langsung dievakusi dan menjalani perobatan ke Rumah Sakit Arab Saudi," ungkap Sekretaris Daker Jeddah Nur Alya Fitra, di Arab Saudi, Senin 12 November 2012 kemarin.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9943 seconds (0.1#10.140)