Safinah One juara II kontes kapal di Undip

Senin, 05 November 2012 - 16:02 WIB
Safinah One juara II kontes kapal di Undip
Safinah One juara II kontes kapal di Undip
A A A
Sindonews.com - Robot kapal tanpa awak, karya mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil meraih juara II kategori Autonomous Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2012 di Universitas Diponegoro (UNDIP), di Pantai Kartini, Jepara pada 30 Oktober lalu.

Ketua Tim Robot Malik Khidir mengatakan, Robot kapal tersebut diberi nama Safinah One, sengaja dirancang untuk agara bisa menjaga pertahanan dan keamanan wilayah perairan laut Indonesia.

“Idenya, kami ingin membuat robot yang bisa dipakai sebagai media untuk mengawasi wilayah laut Indonesia, terutama wilayah perbatasan, dengan maksud mampu menggantikan prajurit yang berpatroli. Kendala utama kami ialah UGM tidak memiliki jurusan atau prodi (program studi) perkapalan, jadi kami benar-benar otodidak melalui internet,” kata Malik Khidir, di UGM, Yogyakarta Senin (5/11/2012).

Diakui Malik, selain otodidak, kapal robot pertama buatan tim UGM tersebut dibuat dari barang bekas. Karena itu, dalam proses pembuatannya tidak memerlukan biaya banyak.

"Sekira Rp10 juta untuk pembuatan kapal robot tersebut. Ada beberapa bahan diimpor dan itu yang mahal, seperti elektronik speed control dan single board computer. Sisanya kami memanfaatkan bahan yang bisa ditemukan. Berat total robot kapal kami mencapai 11 kilogram," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai kapal pengintai, robot kapal tersebut didesain memiliki dua kamera waterproof dengan jarak pandang satu kilometer. Hasil dari monitor kamera, lalu dikirim ke single board computer yang dipasang di badan kapal.

"Setelah itu, diteruskan ke komputer induk yang ada di dermaga melalui sistem telemetri. Robot kapal ini sendiri digerakkan dengan tenaga baterai Lithium Polimer berkekuatan 12 volt sebanyak tiga buah, dengan kecepatan 30 kilometer per jam," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut nama-nama yang berhasil merakit robot Safinah One. Mereka adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, yakni Malik Khidir, Tito Garry Surya, Erwhin Irmawan, dan Iqro Kurniawan.

Kemudian, mahasiswa Jurusan Elektronika dan Instrumentasi FMIPA yakni Ardi Wiranata, Singgih Adhi Susila, Ardi Wiranata, M Irfan Riyadi, dan Febry Mulia Wardhana yang merancang robot kapal berwarna kuning ini.

Selanjutnya, robot kapal yang telah dimodifikasi tersebut juga akan diikutkan dalam kontes robot internasional yang akan digelar Juli 2013 mendatang di Virginia, Amerika Serikat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5392 seconds (0.1#10.140)