Puluhan jemaah haji sakit setelah wukuf

Sabtu, 27 Oktober 2012 - 20:12 WIB
Puluhan jemaah haji sakit setelah wukuf
Puluhan jemaah haji sakit setelah wukuf
A A A
Sindonews.com - Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mina, Arab Saudi, merawat puluhan jemaah haji asal Indonesia yang jatuh sakit setelah melakukan wukuf di Padang Arafah.

Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, Tjetjep Ali Akbar mengatakan, setidaknya ada 20 orang jemaah haji asal Indonesia yang dirawat di BPHI Mina, dan 50 orang lainnya melakukan rawat jalan. Selain itu, masih ada 15 orang jemaah haji dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

"Secara umum yang dirawat hari ini mungkin telah mencapai 50 orang jemaah. Penyakitnya macam-macam, seperti akibat kelelahan, kekurangan cairan, hingga turunnya kadar gula dalam darah," katanya di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (27/10/2012).

Dia mengungkapkan, jemaah yang dirawat BPHI Mina juga ada yang karena sakit sebelum melakukan wukuf di Padang Arafah. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh jemaah haji selalu menjaga kesehatan, dengan mengatur pola istirahat, memakan makanan bergizi, dan mengenakan masker.

"Jemaah haji harus lebih sering minum untuk menjaga cairan dalam tubuh, dan kalau sakit segera ke dokter," ungkapnya.

Sementara itu, dari data yang diperoleh dari sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) diketahui telah ada 136 orang jamaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia. Dari jumlah tersebut, enam orang diantaranya meninggal di Arafah, dan tiga orang meninggal saat berada di Mina.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0503 seconds (0.1#10.140)