Calon haji terancam dehidrasi

Selasa, 23 Oktober 2012 - 15:18 WIB
Calon haji terancam dehidrasi
Calon haji terancam dehidrasi
A A A
Sindonews.com - Cuaca ekstrem di Arab Saudi membuat calon haji dari Indonesia terancam dehidrasi. Untuk mengatasinya, disarankan agar mengkonsumsi air lebih banyak dan kurma antara 3-5 butir sehari.

Kepala Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Daerah Kerja Makkah Agus Widiyatmoko menyatakan, jamaah calon haji Indonesia harus mewaspadai terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan.

Di BPIH Makkah Arab Saudi, Agus Widiyatmoko mengatakan dehidrasi memicu masalah kesehatan bagi tubuh.

"Ketika tubuh kekurangan cairan, kerja jantung menjadi lebih berat, darah mengental, dan aliran oksigen ke otak pun turut berkurang," jelasnya di Makkah, Selasa (23/10/2012).

Untuk itu, Agus menyarankan agar jamaah calon haji sering minum. "Jika di Indonesia kita biasa minum hingga dua liter air setiap hari, saat berada di Tanah Suci jumlahnya harus meningkat hingga 3-4 liter per hari," sarannya.

Agus Widiyatmoko menambahkan, untuk masa persiapan armina, jemaah sebaiknya membawa bekal kurma.

"Jemaah cukup mengkonsumsi 3-5 butir kurma setidaknya tiga kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan kurma bisa menjadi cadangan energi yang cukup membantu jemaah untuk mempertahankan kondisi tubuh agar lebih stabil selama Armina," jelas Agus.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Azimal Zainal Zein.

Azimal mengatakan dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dari yang ringan sampai kematian.

"Tidak jarang ada jemaah yang mengalami disorientasi atau semacam gangguan mental. Namun ketika diperiksa lebih detail ternyata pemicunya adalah dehidrasi. Ketika cairan tubuhnya sudah dipenuhi, jemaah tersebut langsung pulih," kata Azimal.

Menjelang masa Armina, Azimal pun menyarankan agar jemaah calon haji mengurangi aktivitas yang menguras energi.

"Sebaiknya tiga hari sebelum wukuf lebih banyak berada di pemondokan. Ibarat mau perang, sebaiknya istirahat total selama tiga hari. Tidak usah ke mana-mana," kata dia.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6160 seconds (0.1#10.140)