Akademi TNI target dapat akreditasi A

Jum'at, 21 September 2012 - 11:49 WIB
Akademi TNI target dapat akreditasi A
Akademi TNI target dapat akreditasi A
A A A
Sindonews.com - Akreditasi pendidikan di lingkungan akademi TNI dan Polri menjadi fokus utama dalam rapat koordinasi pimpinan (Rakorpim) Akademi TNI dan Polri di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai Kamis hingga Jumat (20-21/9/2012). Akademi TNI dan Polri sendiri menargetkan untuk akreditasi pendidikan mendapatkan nilai A.

Danjen Akademi TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Sru Ascaryo Andreas mengatakan, setelah penyelanggaran pendidikan TNI diakomodir kementerian pendidikan, yaitu dengan penggunaan gelar bagi lulusannya. Selain mendukung sistem pendidikan tinggi, hal ini juga menunjukkan adanya reformasi di internal TNI.

"Namun bukan berarti ini menjadi akhir dari pendidikan, justru sebaliknya Akademi TNI dituntut konsekuensinya atas penyelanggaran pendidikan itu, salah satunya setiap semester harus memberikan laporan ke badan akreditasi nasional (BAN) perguruan tinggi (PT)," kata mantan Gubernur AAU ini, Jumat (21/9/2012).

Danjen Akademi TNI juga meminta dalam rakorpim tersebut, selain melakukan pembahasan terhadap pendidikan di akademik TNI/Polri, juga dapat menyiapkan hal-hal yang mendukung pendidikan di akademik TNI/Polri, seperti masalah kurikulum pendidikan (kurdik), perpanjangan izin program studi (prodi), pengajuan akreditasi ke BAN PT, pembuatan juklak dan juknis terkait dengan operasional kurdik.

"Karena itu, maka perlu kosentrasi, kerja keras dan koordinasi, sehingga semua permasalahan dapat diselesaikan," harapnya.

Paban I Rendik Akademik TNI Kolonel Sus Supomo menambahkan selain akan berdampak pada akademis dan tindak lanjut terhadap UU Perguruan Tinggi (PT), target akreditasi A ini juga akan berdampak politis.

Sebab jika mendapatkan akreditasi rendah tentunya kredibilitas akademi TNI/Polri di dunia internasional diragukan, terutama yang menyangkut dengan kerjasama militer.

"Berbeda jika akademi TNI dengan akreditasi A, tentunya akademi maupun militer luar tidak akan ragu untuk menjalin kerja sama dengan akademi TNI/Polri maupun institusinya," jelasnya.

Supomo menjelaskan untuk mendapatkan akreditasi A tersebut, juga bukan tanpa alasan, selain secara akdemik sudah memenuhi persyaratan, secara empiris akademik TNI/Polri juga sudah teruji dan handal, terbukti para lulusannya banyak yang menjadi pimpinan bangsa dan negara, salah satunya saat ini menjadi presiden dan kedudukan penting lainnya.

"Karena itulah, kami targetkan pada tahun ini Akademi TNI/Polri akan mendapatkan akreditasi A dari BAN PT," tandasnya.

Kepala penerangan AAU Mayor Sus Hamdi Londong Allu mengatakan selain membahas akreditasi, juga soal latsitarda nusantara ke-33 di Lombok November, dan evaluasi Praspa serta pelaksanaan Piktar Maret.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)