Marak penembakan, perizinan senpi melebihi kuota

Senin, 03 September 2012 - 06:18 WIB
Marak penembakan, perizinan senpi melebihi kuota
Marak penembakan, perizinan senpi melebihi kuota
A A A
Sindonews.com - Maraknya aksi penembakan terus mendapat sorotan. Perizinan senjata api (Senpi) harus lebih dibenahi, pasalnya perizinan senpi setiap tahunnya melebihi kuota.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Eva Kusuma Sundari mengatakan kuota izin kepemilikan senpi di Indonesia per tahun hanya 2.500 unit. Akan tetapi, dari data Indonesia Police Watch (IPW) mencatat, izin kepemilikan senpi yang keluar mencapai 15 ribu per tahun.

"Ini harus diawasi. Pengeluaran izin kepemilikan senpi sudah jauh dari kuota yang disediakan setiap tahunnya," ujar Eva menjelaskan ketika dihubungi Sindonews, Minggu 2 September 2012.

Eva mengatakan, masih mengacu pada data IPW, membengkaknya izin kepemilikan senpi ditenggarai ada jaringan penjuaalan atau perizinan senpi ilegal. Hal inilah yang menjadikan problem kuantitas senpi menjadi meningkat.

"Senpi ilegal banyak beredar di Indonesia. Termasuk perizinan senpi yang juga dilakukan secara ilegal," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7068 seconds (0.1#10.140)