Polri tangkap 7 tersangka kekerasan di Sampang

Senin, 27 Agustus 2012 - 13:41 WIB
Polri tangkap 7 tersangka kekerasan di Sampang
Polri tangkap 7 tersangka kekerasan di Sampang
A A A
Sindonews.com - Pihak kepolisian bertindak cepat dalam menangani insiden kekerasan di Sampang, Madura, dengan menangkap tujuh orang tersangka yang diduga terlibat dalam insiden yang menewaskan dua orang pengikut Syiah itu.

"Jadi sekarang sudah ditangkap tujuh orang tersangka, kemudian penggeraknya yang berinisial R sudah ditangkap juga," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (27/8/20012).

Meski telah menangkap tujuh orang tersangka, jenderal bintang empat itu menegaskan, Polri masih memburu tiga orang tersangka lain. "Masih ada target tiga orang, insya Allah mudah-mudahan secepatnya bisa kita tangkap," ujarnya.

Selain itu, dia juga membantah tuduhan yang menyebut kepolisian kecolongan dalam insiden tersebut. "Saya kira, kita harus lakukan langkah-langkah yang antisipatif. Ini kan ada kejahatan kedua di tempat yang sama, sekarang tentunya kita melihat ke depan, yakni penegakan hukum. Itu yang kita lakukan," ungkapnya.

Saat ini menurutnya, telah ada tiga satuan setingkat kompi (SSK) yang disiagakan untuk mengamankan lokasi bentrokan tersebut.

"Proses hukum sedang kita lakukan. Insya Allah kita percepat sampai pengadilan nanti. Ada tujuh yang sudah ditangkap, termasuk pimpinannya yang berinisial R. Langkah-langkah komprehensif dari kementerian dan pemda juga kita lakukan," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai, insiden yang menewaskan dua orang pengikut Syiah itu menunjukkan lemahnya intelijen. Menurutnya, insiden kekerasan tersebut bisa diantisipasi jika intelijen lokal kepolisian, dan intelijen teritorial TNI bekerja dengan baik dalam membaca keganjilan terjadi di wilayah tersebut.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7788 seconds (0.1#10.140)