MPR-Presiden Ceko bahas pertukaran pelajar

Selasa, 10 Juli 2012 - 18:34 WIB
MPR-Presiden Ceko bahas pertukaran pelajar
MPR-Presiden Ceko bahas pertukaran pelajar
A A A
Sindonews.com - Presiden Ceko Vaclav Klau berkunjung ke MPR untuk mempererat hubungan Indonesia dan Ceko. Dalam kunjungan tersebut kedua pihak menelurkan kesepakatan melakukan pertukaran pelajar antar antar kedua negara.

Taufiq Kiemas mengemukakan, hubungan erat antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Ceko sudah lama terjaalin. Karena itu, penting bagi MPR sebagai salah satu lembaga tinggi negara untuk ikut berperan aktif menjalin hubungan.

"Hubungan Indonesia dengan Republik Ceko ini dari dulu sangat erat sekali. Kalau dulu banyak penerbang-penerbang hebat Indonesia, pasti dari Ceko," kata Taufiq usai melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Ceko Vaclav Klaus di Ruang Delegasi MPR, Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Suami Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu menyatakan, pertemuan dengan Presiden Ceko sudah tiga kali yakni saat jamuan makan siang, diajak makan siang dan pertemuan hari kemarin. Vaclav yang tiba di Gedung MPR pukul 09.40 WIB itu diterima langsung oleh Taufiq dan jajaran pimpinan MPR serta pimpinan fraksi di MPR.

Taufiq lalu mencontohkan perjalanan hubungan Indonesia dan Ceko saat Presiden Soekarno dulu. Dia mengemukakan, pada tahun 1950-1960-an, Presiden Soekarno mengirim mahasiswa Indonesia belajar ke Ceko yang dulu masih bernama Cekoslovakia untuk belajar penerbangan.

"Salah satunya Radji Ramlan. Dulu para penerbang hebat belajar dari Ceko. Sekarang kita juga akan banyak mengirim mahasiswa ke Ceko dan ada pertukaran," ujarnya.

Dengan ada keterbukaan untuk pertukaran pelajar, kata Taufiq, para mahasiswa Indonesia bisa belajar ilmu-ilmu yang menonjol di sana seperti penerbangan dan kedokteran. Menurut Taufiq, Ceko adalah salah satu negara yang perkembangan ilmu kedokterannya terbaik di dunia.

"Sehingga pasti kita beruntung jika mengirimkan pelajarnya ke sana," ujarnya.

Taufiq juga mengatakan pihaknya mendukung rencana pemerintah menjalin kerja sama dengan Ceko di bidang industri pertahanan. Apalagi, di bidang itu Ceko punya sejarah panjang, termasuk dimana Indonesia juga menggunakan produknya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6144 seconds (0.1#10.140)