Akhirnya Hari Suwandi tiba di Jakarta

Minggu, 08 Juli 2012 - 18:50 WIB
Akhirnya Hari Suwandi tiba di Jakarta
Akhirnya Hari Suwandi tiba di Jakarta
A A A
Sindonews.com - Setelah 25 hari berjalan kaki dari Porong Jawa Timur, korban lumpur Lapindo Hari Suwandi (44) dan Harto Wiyono (42) akhirnya tiba di Jakarta.

Warga Gedung Bendo, RT 08/RW 03, Tanggul Angin, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, menyempatkan dari bertandang ke Kantor Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Jakarta.

Kedatangan Hari dan Harto disambut perwakilan anggota Kontras, Yayayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Indonesian Legal Rontable (ILR), dan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam).

Hari maupun Harto terlihat kelelahan, namun dia tetap bersemangat menceritakan pengalaman berjalan kaki dengan jarak tempuh 827 kilomter itu.

"Kami berjalan kaki ke Jakarta untuk mencari keadilan ke pemerintah, agar segera bertanggung jawab atas apa yang terjadi khususnya ke warga korban lumpur Lapindo," tutur Hari kepada Sindonews di Kantor Kontras Jakarta, Minggu (8/7/2012).

Aksi jalan kaki itu, sebagai bentuk protes serta perjuangan untuk mendapatkan keadilan dan kepastian atas nasib mereka.

Hari sendiri melakukan aksi jalan kaki sejak 14 Juni 2012. Di menempuh perjalanan melalui jalur Pantai Utara (Pantura). Sesampai di Jakarta nanti Hari berencana menuntut bos PT Lapindo Brantas Aburizal Bakrie di Wisma Bakrie.

Namun, aksi mereka tampakya tak terlalu digubris Bos PT Lapindo Brantas Aburizal Bakrie (Ical). Ical juga mengatakan, tak akan menemui maupun membayar ganti rugi kedua warga Porong itu karena bukan korban Lapindo.

Keduanya berada di luar peta terdampak Lapindo. Terlebih, berdasarkan putusan Mahkamah Agung, semburan lumpur bukan kesalahan Lapindo tapi bencana alam.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7112 seconds (0.1#10.140)