Pemerintah: Persoalan di Papua sangat kompleks

Sabtu, 16 Juni 2012 - 12:33 WIB
Pemerintah: Persoalan di Papua sangat kompleks
Pemerintah: Persoalan di Papua sangat kompleks
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akui ada kelompok yang ingin melepaskan diri dari keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebaliknya, dalam menghadapi ini, pemerintah terus melakukan upaya yang sifatnya simpatik kepada masyarakat.

"Sparatis tidak bisa hanya melihat dari hukum, tapi merebut hati rakyat," ujar Dirjen Stategi Pertahanan Kemenham Mayjen, TNI Puguh Santoso dalam diskusi Polemik Sindo Radio di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, dengan tajuk "Papua yang Tak Kunjung Reda, Sabtu (16/6/2012).

Pada kesempatan itu dia juga mengungkapkan persoalan di Papua cukup kompleks. Penyebabnya, mulai dari persoalan sosial budaya, ekonomi dan sebagainya. Maka itu, diingatkan olehnya dalam mengatasi persoalan di Papua menjadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

"Ini bukan hanya masalah pemerintah, tapi Pekerjaan Rumah (PR) bangsa," imbuhnya.

Sementara itutim Kajian Papua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elisabeth memandang, satu-satunya solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui dialog. "Jadi kita mengetahui sudut pandang warga Papua tentang Papua itu sendiri," terang, Adriana dalam kesempatan yang sama.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4203 seconds (0.1#10.140)