Abepura dikuasai Kodam

Kamis, 14 Juni 2012 - 13:52 WIB
Abepura dikuasai Kodam
Abepura dikuasai Kodam
A A A
Sindonews.com - Kodam XVII Cendrawasih berhasil menguasai situasi dan kondisi Waena Abepura yang sempat mencekam akibat kerusuhan. Saat ini kondisi berangsur kondusif dan terkendali.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menegaskan, kerusuhan itu terjadi dipicu oleh penangkapan Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni.

"Tapi sudah dikuasai oleh Kodam," kata Kapolri di Istana Negara, Jalan Veteran, Kamis (14/6/2012).

Saat ini polisi dibantu TNI, masih mengejar para perusuh yang sempat melawan aparat.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, bentrok bermula dari pengepungan para pendukung Mako Tabuni terhadap polisi. Mereka menentang penangkapan tokoh KNPB itu.

Karena dikepung, petugas sempat melepaskan tembakan peringatan. Namun dibalas oleh massa itu.

Warga mulai membakar kendaraan dan beberapa rumah serta toko. Salah satu ruko yang dibakar milik Elly. Namun beruntung, api sudah berhasil dipadamkan.

Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw dan Dandim 1701/Jayapura Letkol (Inf) Rano Tilaar sudah mendatangi lokasi bentrok. Kedatangan mereka membuat situasi di sekitar Perumnas III sedikit tenang.

Sementara itu, ada seorang korban luka yang kini dirawat di rumah sakit. Menurut informasi warga, korban dari pihak warga tersebut terkena tembakan.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)