Pilpres 2014, PKS sebut 4 nama capres

Rabu, 13 Juni 2012 - 08:30 WIB
Pilpres 2014, PKS sebut 4 nama capres
Pilpres 2014, PKS sebut 4 nama capres
A A A
Sindonews.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai membuka nama-nama tokoh yang bakal diajukan sebagai calon presiden (capres) pada 2014. Nama-nama itu semuanya dari tokoh eksternal.

Ketua Departemen Politik DPP PKS Al Muzammil Yusuf mengatakan, saat ini ada beberapa tokoh eksternal partai yang berprestasi. Tokoh-tokoh eksternal ini dijaring dari berbagai kalangan dan disiplin ilmu, mulai pengusaha, birokrat, hingga unsur militer.

"Ada Pak Mahfud MD (Ketua Mahkamah Konstitusi), Pak Dahlan Iskan (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Chairul Tanjung (pengusaha), dan Jenderal Pol (Purn) Sutanto (mantan Kapolri)," ujar Al Muzammil di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 12 Juni 2012 kemarin.

Menurut dia, tokoh-tokoh yang sudah disebutkan tadi memiliki rekam jejak yang baik di kalangan masyarakat. Dia mengaku, tokoh-tokoh tadi sangat dipertimbangkan partainya untuk dijadikan capres pada Pemilu 2014.

Namun, siapa yang akan dipilih, secara resmi partainya belum menetapkan. "Nanti akan disampaikan berbarengan dengan capres dari kalangan internal partai," ujarnya.

Ketua Bidang Kebijakan Publik DPP PKS Mustafa Kamal menyatakan, partainya mulai membentuk tim untuk mematangkan penokohan figur-figur yang akan diusung menjadi capres. Dia menyebutkan, tim tersebut kini terus dimatangkan partainya. Penokohan ini telah melalui penjaringan dan penyaringan.

PKS menjaring tokoh internal maupun eksternal yang punya rekam jejak baik di masyarakat dan dianggap pantas memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. "Setelah itu kita saring kembali seketat-ketatnya. Jadi dua mekanisme itu menjaring seluasnya dan menyaring dengan ketat," paparnya.

Dia menyatakan, PKS punya visi dan misi yang tertuang dalam platform partai. Karena itu, dalam menyosialisasikan penokohan, PKS tetap melihat komitmen terhadap keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan lebih luas dalam koridor konstitusi.

Mengenai nama-nama tokoh yang sudah dikantongi PKS, Mustafa mengatakan,tim yang dibentuk PKS baru mematangkannya. DPP PKS akan memberikan keleluasaan untuk menyusun kriteria tokoh-tokoh yang akan dijaring.

"Itu nanti akan keluar kriterianya. Sekarang jika dilihat dari aspek penjaringan intuitif,sudah kelihatan orang-orangnya. Saat ini mungkin terlalu pagi melakukan penilaian dan kita tidak ingin masuk ke wilayah nama-nama. Nanti kita kriteriakan dulu," paparnya.

Sementara itu,Partai Bulan Bintang (PBB) meyakini ketokohan Yusril Ihza Mahenda masihbisamenjadisalahsatumesin dalam meraih sukses pada Pemilu 2014. Meski sebagai partai kecil, PBB yakin masih bisa melampaui ambang batas perolehan kursi parlemen atau parliamentary threshold(PT) 3,5%.

"Ketokohan Pak Yusril dan kinerja organisasi partai adalah dua hal yang harus kami tingkatkan. Dengan organisasi yang kuat, pembinaan kader yang berjalan baik, sekaligus peran Pak Yusril sebagai tokoh, PPB akan bisa melewati PT3,5% itu," ungkap Sekjen DPP PBB BM Wibowo.

Wibowo menuturkan, sejauh ini banyak peran bernegara yang sudah dijalankan Yusril sebagai anak bangsa. Demikian juga PBB yang terus melakukan konsolidasi sekaligus melaksanakan pengajian mingguan yang semakin hari semakin banyak diikuti masyarakat.

Karena itu, PBB tidak akan pernah selesai memperjuangkan eksistensi partai, sekaligus memperjuangkan adanya keadilan dalam perpolitikan di Indonesia.

Dalam rangka mencari keadilan ini, Wibowo mengatakan bahwa PBB siap menjadi martir perjuangan terhadap revisi pasal-pasal UU Pemilu yang bersifat diskriminatif. Di antaranya soal syarat verifikasi yang memberi privilese bagi sembilan partai yang saat ini eksis di parlemen.

Sedangkan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto sudah dipastikan akan maju sebagai capres pada Pemilu 2014. Hal ini diungkapkan Wiranto saat menghadiri roadshow Partai Hanura di Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin. Wiranto mengaku tidak bisa menolak desakan kader Hanura yang menginginkannya maju sebagai capres.

Sebelum fokus pemenangan dirinya, mantan cawapres pada Pemilu 2009 itu mengaku dirinya akan memfokuskan pada pemenangan Pemilu Legislatif 2014. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3391 seconds (0.1#10.140)