Komnas HAM investigasi insiden penganiayaan wartawan

Kamis, 31 Mei 2012 - 12:12 WIB
Komnas HAM investigasi insiden penganiayaan wartawan
Komnas HAM investigasi insiden penganiayaan wartawan
A A A
Sindonews.com - Insiden keterlibatan marinir dalam razia warung remang-remang di Padang, beberapa waktu lalu, disesalkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Untuk itu, Komnas HAM akan melakukan investigasi lebih mendalam untuk memastikan apakah terjadi pelanggaran HAM atau tidak."Mungkin kita harus meneliti kasus ini, karena kasus ini baru terjadi," ucap Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Jika dari hasil investigasi tersebut ditemukan ada penyalahgunaan wewenang pada masyarakat sipil, maka bisa digolongkan pelanggaran HAM.

Ifdhal mengingatkan, sejak reformasi TNI maupun marinir tidak boleh ikut dalam penegakan hukum, seperti ikut dalam proses penanganan sengketa lahan atau tindakan anarki. Apalagi sampai melakukan penganiayaan terhadap wartawan.

"Dengan menganiaya wartawan saya kira tidak boleh terjadi. Perlu langkah yang tegas dan menertiban oknum yang terlibat. Mereka tidak punya lagi otoritas, itu sepenuhnya wewenang kepolisian," tutur Ifdhal.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5496 seconds (0.1#10.140)