Polisi gagal lindungi warga di Papua

Rabu, 30 Mei 2012 - 16:53 WIB
Polisi gagal lindungi warga di Papua
Polisi gagal lindungi warga di Papua
A A A
Sindonews.com - Serentetan insiden penembakan di Papua oleh kelompok orang tak dikenal menunjukkan aparat kepolisian gagal dalam memberikan perlindungan baik terhadap warga pribumi maupun asing.

Polisi juga dinilai belum mampu menyelesaikan dan menemukan akar permasalahan penembakan selama ini.

"Soal keamanan di Papua, sepertinya polisi tidak mampu melakukan pengamanan tidak hanya terhadap warga di Papua, tapi juga terhadap warga asing," ujar Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil kepada wartawan di DPR, Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Seharusnya polisi bisa mengantisipasi, sehingga insiden itu tidak terus terulang. Nasir sangat menyayangkan kinerja aparat kepolisian di Papua. Pasalnya, anggaran untuk kepolisian sendiri jumlahnya tiba bisa dibilang sedikit.

"Yang kita sesalkan kenapa kemudian polisi tidak memberikan perhatian di Papua. Karena selain isu keamanan, isu politik juga sangat besar. Padahal anggarannya besar," imbuhnya.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini jika memang aparat kepolisian tidak mampu memberi pengamanan langsung kepada seluruh masyarakat yang ada di Papua, seharusnya segera memberikan rambu-rambu tertentu jika memang akan ada kerusuhan di sana.

"Polisi itu memang juga tidak bisa memberi pengamanan langsung kepada semua yang datang di Papua. Tapi Polisi kan juga bisa memberikan rambu-rambu jika ada bahaya," himbaunya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5733 seconds (0.1#10.140)