KPK sudah prediksi sport center Hambalang ambruk

Selasa, 29 Mei 2012 - 14:11 WIB
KPK sudah prediksi sport center Hambalang ambruk
KPK sudah prediksi sport center Hambalang ambruk
A A A
Sindonews.com - Ambruknya dua bangunan sport center Hambalang Bogor yang terjadi pada Sabtu 26 Mei 2012 dini hari lalu, temuan mengagetkan justru datang dari tim audit yang dikirim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dua pekan sebelum kedua gedung berstandar internasional tersebut ambruk.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, timnya menemukan kejadian longsornya tanah di area pembangunan sudah terjadi lama. Bahkan temuan itu juga terjadi saat tim audit KPK menyambangi kawasan mega proyek tersebut dua minggu sebelum kejadian.

"Seperti pernah saya sampaikan, tim pernah kesana dua pekan lalu dalam rangka melihat progres. Kemudian mendapati ada longsoran-longsoran," ujarnya kepada wartawan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/5/2012).

Sementara perihal ambruknya dua bangunan tersebut, Johan mengatakan, pihaknya masih menunggu konfirmasi resmi dari pihak yang berwenang sehingga dapat dijadikan bahan pengembangan dalam pengusutan perkara korupsi tersebut. "Info ambruknya bangunan perlu diverifikasi oleh yang berwenang," tambah Johan.

Sebelumnya diberitakan, dua bangunan proyek Hambalang di zona bawah ambruk, yakni pembangkit energi dan lapangan indoor. Kedua bangunan ini ambruk akibat tanah yang amblas-ambles sedalam 2-5 meter.

Di lapangan indoor sendiri sudah terbangun satu inti bangunannya. Sementara di gedung pembangkit energi sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan genset yang hampir usai. Saat ambruk, genset ada di dalamnya. Genset itu berhasil diselamatkan setelah kejadian.

Di zona bawah ini sedianya akan dibangun lapangan angkat besi, senam gulat, basket indoor, lapangan tembak, dua gedung pembangkit energi, lapangan outdoor, atletik, gedung serbaguna, bulu tangkis, aquatic, kolam renang dan panahan. Beberapa bangunan sudah dimulai pembangunannya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8132 seconds (0.1#10.140)