TNI AL-US Navy akan gelar latihan bersama

Jum'at, 18 Mei 2012 - 14:23 WIB
TNI AL-US Navy akan gelar latihan bersama
TNI AL-US Navy akan gelar latihan bersama
A A A
Sindonews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dan US Navy rencananya akan menggelar latihan bersama di Pantai Banongan, Probolinggo. US Navy akan membawa tiga kapal yang kemudian bersandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak sekitar 26 Mei mendatang.

Kepala Dinas Penerangan Armada Timur (Kadispen Armatim) Letkol (Laut) Yayan Sugiyana mengatakan, tiga kapal perang milik Amerika Serikat (AS) itu adalah Kapal US CG WAESCHE, Kapal perang US Navy USS Vandegrift FFG-48 dan kapal USS LSD 42. Dalam latihan bersama yang digelar pada 5-7 Juni mendatang juga dilibatkan pesawat Cassa dan Tank Amfibi.

"Latihan bersama kali ini menggunakan sandi cooperation of afloat readiness and training (CARAT) di Pantai Banongan Situbondo," kata Yayan menjelaskan, Jumat (18/5/2012).

Yayan juga menjelaskan, memang rencana kapal amerika untuk sandar di dermaga Jamrud Utara itu muncul penolakan dari kalangan asosiasi pengusaha kepelabuhanan tanjung perak. Para pengusaha meminta agar kapal perang milik AS bersandar di Dermaga Ujung Armatim. Namun Dermaga itu saat ini sedang renovasi.

"Kemarin kita sudah ketemu dengan mereka di Kantor Pelindo III bersama sejumlah elemen kepelabuhanan. Semua Aspirasi kita tampung. Kami kan punya pimpinan. Rencananya hari Senin 21 Mei 2012 akan ada keputusan," katanya.(azh)
()
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0900 seconds (10.101#12.26)