Kerusuhan di Ambon tak berkaitan dengan pilkada

Selasa, 15 Mei 2012 - 14:43 WIB
Kerusuhan di Ambon tak berkaitan dengan pilkada
Kerusuhan di Ambon tak berkaitan dengan pilkada
A A A
Sindonews.com - Komisi I DPR membenarkan bahwa terdapat wacana yang berkembang di masyarakat jika penyebab kerusuhan di Ambon beberapa waktu lalu berkaitan dengan momen pilkada yang akan berlangsung di Ambon.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Komisi I dari fraksi PDIP, TB Hasanudin. " Konon ada kepentingan pilkada. Berdasarkan informasi intelijen. Itu masalah konstelasi politik dan internal parpol. Ada kepentingan separatis yang masih besar. Lalu masalah SARA," ujarnya kepada wartawan di DPR, Jakarta, Selasa (15/05/2012).

Setelah ditelusuri, ternyata anggapan tersebut tidak benar. Menurutnya, kerusuhan tersebut bermula dari beberapa warga yang terlibat dalam perebutan obor saat melakukan pawai obor dalam rangka memperingati hari Pattimura.

"Kasusnya dari pawai obor secara estafet dari Saparua hingga ke Ambon. Dalam rangka hari lahir Pattimura. Di jalan banyak yang ingin mengambil obor, akhirnya ada bentrok. Disitu terjadi saling lempar obor. Disitu ada yang memanfaatkan situasi dengan elemparkan bom rakitan," jelasnya.

Kendati demikian, Hasanudin kembali menghimbau kepada seluruh pihak baik aparat keamanan maupun masyarakat sipil untuk tetap waspada terkait momen pilkada di Ambon yang dirasa rawan provokasi.

"Tapi soal indikasi adanya upaya gangguan stabilitas keamanan jelang Pilkada tetap harus diwaspadai. Harus jadi perhatian kita bersama," himbaunya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)