Nasir Djamil optimis kasus Munir terungkap

Kamis, 03 Mei 2012 - 15:33 WIB
Nasir Djamil optimis kasus Munir terungkap
Nasir Djamil optimis kasus Munir terungkap
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Nasir Djamil, tetap optimis kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir, akan tetap terungkap kebenarannya meskipun dengan meninggalnya saksi kunci Raymond J J Latuihamallo atau akrab disapa 'Ongen.

Menurut Nasir Djamil, hal tersebut dikarenakan kasus ini sudah menjadi perhatian masyarakat luas. Oleh karena itu, Nasir berkeyakinan bahwa kasus kematian Munir lambat laun pasti dapat terungkap.

“Menurut saya, kasus ini tidak mungkin akan menguap. Justru kalau kasus ini ditutup, akan membuat masyarakat curiga bahwa memang ada sesuatu yang mencurigakan dalam kasus ini,“ ujar Nasir saat dihubungi Sindonews, Kamis (3/5/2012).

Namun, walaupun begitu Nasir tidak mau menganggap ada hal yang tidak wajar dalam kematian Ongen yang terkesan aneh. Padahal, Ongen sendiri diketahui merupakan saksi kunci yang diharapkan dapat membongkar semua mengenai kebenaran meninggalnya Munir.

“Orang meninggal itu kan sudah memang ajalnya, tapi kalau memang ada yang janggal, saya menyerahkan semua kepada pihak yang berwajib. Kalau memang keluarga mau melakukan otopsi itu hak mereka,“ tukasnya.

Ongen adalah saksi kunci kasus pembunuhan aktivis HAM Munir. Kala itu Ongen sempat mencabut pernyataannya di Pengadilan Negeri tentang kesaksian saat ia melihat pilot Garuda Pollycarpus membawa dua cangkir teh di dalam pesawat.

Namun, di Mahkamah Agung, Ongen mencabut kesaksiannya bahwa benar Pollycarpus membawa dua cangkir teh ketika itu. Akhirnya, Pollycarpus pun dihukum penjara selama 20 tahun. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4015 seconds (0.1#10.140)