Menkes resign, Wamen ambil alih tugas

Kamis, 26 April 2012 - 18:07 WIB
Menkes resign, Wamen ambil alih tugas
Menkes resign, Wamen ambil alih tugas
A A A
Sindonews.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Endang Rahayu Sedyaningsih hari ini, mengajukan surat permohonan pengunduran diri (resign) kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Endang mengundurkan diri karena sedang berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya.

"Itu sikap yang patut diapresiasi, karena kondisi kesehatannya sudah tidak memungkinkan lalu secara berjiwa besar dia mundur kita harus apresiasi," ujar Wakil Ketua MPR Fraksi PPP Lukman Hakim kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Lukman menambahkan, selagi jabatan Menkes belum ada yang menggantikan, maka Wakil Menteri (Wamen) harus mengambil alih tugas Menterinya. "Wamennya harus berperan untuk menggantikan tugas menkesnya," tegasnya.

Menurut Lukman, bisa menkesnya yang diganti atau Wamennya menjadi Menkes. "Opsinya Wamen menjadi Menkes, atau Menkesnya dinganti Wamennya tetap," terangnya.

Selain itu, Wakil Ketua Umum PPP ini menyarankan pengganti Menkes tidak harus seorang dokter, pasalnya asal mempunyai kemampuan dalam menejerial sudah cukup.

"Kalau menurut saya menteri jabatan politis bukan profesi, harus mengambil kebijakan makro, nasinonal tidak harus bergelar dokter, punya kemampuan menejerial yang baik. Karena menteri tidak usah melayani pasiennya," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden juga telah menyatakan bahwa tugas sehari-hari Menkes akan digantikan sementara oleh Wamenkes. "Untuk sementara kegiatan Kementerian Kesehatan sehari-hari dijalankan oleh Wakil Menteri beserta pejabat terkait," terang SBY di RSCM usai menerima surat pengunduran diri Endang. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7558 seconds (0.1#10.140)