KPK belum jadwalkan pemeriksaan Gubernur Riau

Senin, 23 April 2012 - 17:01 WIB
KPK belum jadwalkan pemeriksaan Gubernur Riau
KPK belum jadwalkan pemeriksaan Gubernur Riau
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Riau M Rusli Zainal soal kasus suap pembahasan Perda Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun kabarnya, Rusli sudah berada di Jakarta sejak dua hari lalu.

Ketika dikonfirmasi soal keberadaan Rusli di Jakarta, Juru Bicara KPK Johan Budi mengaku tidak tahu soal posisi Rusli saat ini. Yang jelas, KPK belum ada jadwal pemeriksaan orang nomor satu di Riau itu.

"Belum, belum ada jadwal pemeriksaan saat ini, nanti saya cek lagi ke penyidik. Tapi pemeriksaan tetap segera dilakukan," ujar Johan di Kantor KPK Jalan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta Senin (23/4/2012).

Menurut kabar, Rusli sengaja datang ke Jakarta untuk memudahkan dirinya jika sewaktu-waktu dipanggil KPK untuk diperiksa. Soal itu, Johan juga mengaku tak mengerti.

Dijelaskan Johan lagi, mengenai keberadaan Rusli sekarang ini pihaknya tidak tahu. Pihak, memang telah mengajukan Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM agar melakukan pencekalan Rusli ke luar negeri. Selain Rusli, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Riau Lukman Abbas juga dicekal.

Pencekalan itu tertuang dalam surat KPK nomor R-1380/01-23/04/2012, tertanggal 10 April 2012 berlaku selama enam bulan, terhitung hingga 10 Oktober 2012. "Pencegahan ini guna membantu proses penyidikan," jelasnya.

Seperti diketahui KPK telah memboyong empat orang tersangka dari Riau ke Jakarta. Mereka saat ini telah ditahan, anggota DPRD Riau M Faisal Aswan (MFA) ditahan di rumah tahanan (Rutan) Salemba, Muhammad Dunir (MD) juga anggota DPRD Riau ditahan di Rutan Cipinang.

Kepala Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Riau, Eka Dharma Putra (ED) ditahan di tahanan Polda Metro Jaya dan staf PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero, Rahmat Syaputra (RS) ditahan di Polres Jakarta Selatan.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7456 seconds (0.1#10.140)
pixels