ICW: Jangan sampai kejadian Siami terulang

Senin, 23 April 2012 - 14:00 WIB
ICW: Jangan sampai kejadian Siami terulang
ICW: Jangan sampai kejadian Siami terulang
A A A
Sindonews.com - Kordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik pada Indonesian Corruption Watch (ICW), Febri Hendri, mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) selalu diwarnai dengan berbagai kecurangan dan serangan balik pada pelapor yang mengungkap kecurangan tersebut.

Dikatakannya, berbagai pikak telah berupaya mengungkap dan melawan kecurangan tersebut dan kemudian juga mendapatkan serangan balik serta kurang mendapat dukungan pemerintah.

"Pada tahun 2011 misalnya, ada ibu Siami yang berusaha mengajarkan kejujuran pada anaknya yang dipaksa pihak SDN 3 Gadel Surabaya untuk memberi contekan pada teman sesama peserta UN," ujarnya dalam jumpa pers pemutaran film dokumenter kecurangan UN di kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), gedung Perintis Kemerdekaan, jalan Proklamasi No.56, Jakarta pusat, Senin (23/4/2012).

Sayangnya, lanjut dia, sikap berani dan kejujuran Siami akhirnya berujung pengusiran dia dan keluarga dari kampung. Kata dia, warga kampung marah karena Siami dianggap mencemarkan nama baik kampung dan sekolah.

"Siami dan keluarga kembali ke kampung setelah ada pendekatan pada warga kampung Gadel untuk menerima Siami kembali. Mendiknas beberapa kali membantah telah terjadi ada kecurangan dalam pelaksanaan UN di SDN Gadel 2 tersebut," tuturnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4398 seconds (0.1#10.140)