Perempuan parlemen rumuskan legislasi tujuan MDGs

Sabtu, 21 April 2012 - 14:50 WIB
Perempuan parlemen rumuskan legislasi tujuan MDGs
Perempuan parlemen rumuskan legislasi tujuan MDGs
A A A
Sindonews.com - Perempuan yang duduk di parlemen diharapkan dapat merumuskan legislasi terkait tujuan Millenium Development Goals (MDGs).

Dalam Konsolidasi Nasional Jaringan Kaukus Perempuan Parlemen se-Indonesia yang digelar hari ini pun membahas tentang target MDGS 2015 dalam kebijakan, anggaran responsif gender dan fungsi pengawasan parlemen itu.

Peneliti Kebijakan Sosial dan Otonomi Daerah AH Maftuchan mengatakan, ada beberapa tujuan dari MDGS 2015 itu.

Pemberantas kemiskinan dan kelaparan serta mencapai pendidikan dasar untuk semua adalah mejadi tujuan pertama. Kemudian, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan serta menurunkan angka kematian terhadap anak sekaligus menurunkan angka kematian ibu menjadi tujuan berikutnya.

Memerangi HIV/AIDs dan penyakit meluar lainnya, dan memelihara kelestarian lingkungan hidup serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan juga merupakan tujuan dari MDGS ini.

"Dengan adanya tujuan tersebut dibutuhkan peran perempuan parlemen untuk merumuskan legislasi yang berkaitan dengan tujuan MDGs," ujarnya dalam seminar di Ballroom The Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan Sabtu (21/4/2012).

Dan kaukus parlemen perempuan telah menjadikan MDGs sebagai isu utama yang belum optimal mengakselerasikan peran parlemen.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2762 seconds (0.1#10.140)