Gerindra optimis lulus PT Nasional

Jum'at, 13 April 2012 - 14:52 WIB
Gerindra optimis lulus PT Nasional
Gerindra optimis lulus PT Nasional
A A A
Sindonews.com - Penetapan ambang batas parlemen (PT) 3,5 persen berlaku nasional, tak membuat takut Partai Gerindra. Pasalnya, Gerindra telah terkonsolidasi ke daerah-daerah.

"Kita dulu baru terbentuk 5 persen, apa yang perlu kita takuti dengan 3,5 persen. Kita malah sudah jauh, tapi kita kan memiliki solidaritas," tutur Politikus Gerindra Martin Hutabarat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/4/2012)

Menurutnya, penyederhanaan partai politik tidak usah dipaksakan dengan memberlakukan PT yang tinggi. Pasalnya penyederhanaan partai akan berjalan secara alami.

"Yang mau kita katakan adalah biarlah penyederhanan partai berjalan secara
alami, jangan dipaksakan."

Anggota Komisi III ini menjelaskan pada masa orde baru ada 10 partai politik, kemudian pada tahun 1973 dibuat hanya ada partai yang berjalan 5 kali pemilu selama 25 tahun. Tapi hasilnya juga tidak terlalu efektif.

"Tiga partai politik tidak hasilkan demokrasi yang sehat, tetap kekacauan," ucapnya.

Belajar dari pengalaman yang panjang partai politik yang terus menjamur di masa reformasi ini, menurut Martin, tidaklah perlu disederhanakan. "Biarkan alami karena kita sudah berpengalaman pada masa yang lalu, 25 tahun." ujarnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)