Hari ini 127 aksi demo terjadi di Indonesia

Selasa, 27 Maret 2012 - 14:46 WIB
Hari ini 127 aksi demo...
Hari ini 127 aksi demo terjadi di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Polisi menditeksi titik-titik aksi demo yang terjadi di Jakarta hari ini. Berdasarkan data monitoring dari Polri, kegiatan unjuk rasa pada, Selasa (27/3/2012) terdapat sebanyak 127 kegiatan aksi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dari monitoring kita terdapat 127 kegiatan dan di seluruh Indonesia dimana yang terbesar yaitu di Polda Jawa Timur sebanyak 24 kegiatan, Polda Metro Jaya 21 kegiatan, Polda Jawa Barat 18 kegiatan, Polda Sulawasi Selatan 9 kegiatan, Polda Sumatera Utara 8 kegiatan," jelas Kepala Devisi Humas Irjen Pol Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Jakarta Selasa (27/3/2012).

Ditambahkan Saud, dari data yang ada, dievalusikan kepada pimpinan unjuk rasa mereka akan menggerakan massa sebanyak 88.237 orang. Sedangkan untuk Polda Metro Jaya, mereka menggerakan 8000 massa.

"Ini fluktuatif, bisa berkurang namun bisa juga bertambah, tergantung situasi di lapangan. Kemudian kekuatan yang dilibatkan, pak Kapolri sudah memberikan instruksi ke masing-masing wilayah agar betul-betul dikelola dengan baik," lanjutnya.

Jenderal Polisi Bintang Dua ini menjelaskan hal tersebut berarti kekuatan yang dilibatkan untuk mengamankan unjuk rasa tergantung kepada Kapolda dalam rangka mengatur di masing-masing wilayah.

Khusus untuk di Polda Metro Jaya, lanjut Saud, pihaknya menggerakan 22.000 personil dimana 8000 diantaranya adalah rekan-rekan dari TNI. "Untuk membantu kita dalam rangka melaksanakan pengamanan di objek vital di berbagai tempat di Jakarta ini," terangnya.

Saud mengaku, kondisi massa yang paling dominan khusunya di Jakarta terlihat di Bundaran HI, kemudian di Silang Monas dan Istana Negara, serta DPR-MPR.

"Situasi masih terkendali walaupun ada onar sedikit di beberapa tempat. Tetapi kemudian situasi masih tetap aman," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0410 seconds (0.1#10.140)