Polres Sukabumi tangkap 72 imigran gelap

Senin, 12 Maret 2012 - 19:22 WIB
Polres Sukabumi tangkap 72 imigran gelap
Polres Sukabumi tangkap 72 imigran gelap
A A A
Sindonews.com - Polres Sukabumi berhasil mengamankan 72 imigran gelap diduga dari Afganistan dan Iran. Saat ditangkap mereka sedianya akan menyeberang ke Pulau Christmas, Australia.

Saat ini, imigran gelap itu telah diserahkan ke Imigrasi Sukabumi, dan tengah diperiksa di Hotel Mahkota, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman mengungkapkan, keberadaan imigran gelap itu diketahui berdasarkan laporan dari masyarakat kepada Babinkamtibmas.

"Ada laporan masyarakat mengenai ada sejumlah warga Timur Tengah di desanya, kabar itu kemudian dilaporkan kepada Babinkamtibmas," kata Saud di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin (12/3/2012).

Babinkamtimbmas kemudian melaporkan kepada Polres Sukabumi untuk diselidiki. Setelah dilakukan pelacakan, polisi melihat mereka telah berada di Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Sukabumi pada Minggu 11 Maret 2012.

Pemeriksaan dilakukan pihak kepolisian, terungkap imigran gelar itu berangkat dari Cisarua, Bogor, menggunakan bus dan tiba di Pantai Loji sekira pukul 04.00 pagi. "Kami sudah koordinasikan dengan imigrasi setempat, saat ini mereka telah diperiksa," jelasnya.

Menurut informasi dari 72 imigran gelap itu, 34 berasal dari Afganistan sedangkan 38 berasal dari Iran. Sebanyak 53 di antaranya orangtua dan 19 anak-anak.

Dari hasil pemeriksaan, 12 orang diketahui mengantongi paspor pencari suaka dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Imigran pencari suaka akan diserahkan ke Badan Khusus PBB khusus menangani suaka.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4415 seconds (0.1#10.140)