Ungkap 6 korporasi kakap di kasus DW!

Sabtu, 03 Maret 2012 - 12:00 WIB
Ungkap 6 korporasi kakap di kasus DW!
Ungkap 6 korporasi kakap di kasus DW!
A A A
Sindonews.com - Penegak hukum jangan mendiamkan laporan transaksi mencurigakan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Kejaksaan juga harus mengungkap enam perusahaan besar yang diduga ditangani Dhana Widyatmika (DW).

Wasekjen Transparansi Internasional Indonesia Luky Djani meminta penyidik Kejaksaan Agung menyelidiki perusahaan-perusahaan besar yang bersentuhan dengan Dhana Widyatmika, mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang menjadi tersangka kasus korupsi pajak.

Jika ada indikasi keterlibatan perusahaan-perusahaan besar tersebut dalam kasus Dhana, kata Luky, maka Kejaksaan tak boleh ragu untuk melakukan pemeriksaan.

“Harus dikejar secara hukum mana korporasi besar yang terlibat agar jadi pelajaran para pengusaha lainnya,” tegas Luky dalam diskusi ‘Pembajak Pajak’ di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3/2012).

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung Darmono kepada wartawan mengatakan, Kejaksaan akan fokus menelisik sumber keuangan Dhana yang diketahu memiliki harta Rp60 miliar di 18 bank. Semua pihak, termasuk wajib pajak yang pernah ditangani Dhana sewaktu masih menjabat sebagai pegawai di Direktorat Jenderal Pajak, yang diduga terkait dengan kasus ini juga akan dipanggil sebagai saksi.

“Masalah darimana sumber keuangan itu akan menjadi penentu kemungkinan adanya keterlibatan pihak-pihak lain yang terkait perkara itu,” ujarnya.

“Artinya semua pihak yang terkait itu yang bisa berperan dalam rangka terjadinya tindak pidana, bisa orang yang membantu tindak pidana, bisa orang yang turut serta, dan bisa orang yang menganjurkan suatu tindak pidana.”

Sebelumnya Dhana membantah main mata dengan enam perusahaan yang dia tangani saat bekerja di Ditjen Pajak. “Pada saat Dhana bekerja di Ditjen Pajak, dia tidak bersentuhan langsung dengan wajib pajak,” kata pengacara Dhana, Daniel Afredo. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8337 seconds (0.1#10.140)