DPC dan DPD PD desak Anas mundur

Senin, 20 Februari 2012 - 20:13 WIB
DPC dan DPD PD desak...
DPC dan DPD PD desak Anas mundur
A A A
Sindonews.com - Desakan mundur terhadap Anas Urbaningrum untuk meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat terus bergulir dari kader partai di sejumlah daerah. Di antaranya berasal dari mantan Ketua DPC Partai Demokrat Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara Diana Maringka.

"Seharusnya Anas nonaktif dahulu, hingga kasus ini tuntas," tegas Diana dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (20/2/2012).

Ditambahkan dia, hal itu sejalan dengan perintah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyatakan, semua kader harus jujur dan membersihkan praktik kotor di tubuh partai. "Sesuai arahan Pak SBY, marilah bersih-bersih Demokrat dan harus jujur," terangnya.

Seperti diketahui, dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010, tim sukses Anas membagi-bagikan uang kepada masing-masing DPC dan DPD untuk memenangkannya sebagai ketua umum partai. Terbongkarnya kebobrokan Anas ini berasal dari tersangka kasus suap Wisma Atlet Sea Games Muhammad Nazaruddin.

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Nazaruddin selalu menyebut-nyebut Anas berada di balik suap wisma atlet. Namun, keterangan Nazaruddin dibantah Anas.

"Apa itu? Daun pisang kali ya. Saya kira tidak ada itu. Tidak benar," bantah Anas waktu lalu di Indramayu, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2012 malam.

Sebelumnya, Yulianis saat bersaksi di Pengadilan Tipikor menyebut adanya catatan uang ke Anas sebesar Rp100 juta dan Andi Mallarangeng juga disebut menerima Rp150 juta. Selain itu, Yulianis juga sempat menyebut ada catatan uang sebesar Rp30 miliar dan USD5 juta dalam gelaran Kongres pemilihan Ketum PD periode 2010-2015.

Uang sebanyak itu, diangkut dengan menggunakan mobil boks, didampingi tiga mobil pribadi lainnya yaitu Toyota Fortuner, Honda CRV, dan satu unit mobil patroli lalu lintas. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4618 seconds (0.1#10.140)