Tahun ini, Fadjroel Rachman ajukan uji materi ke MK

Kamis, 16 Februari 2012 - 03:08 WIB
Tahun ini, Fadjroel Rachman ajukan uji materi ke MK
Tahun ini, Fadjroel Rachman ajukan uji materi ke MK
A A A
Sindonews.com - Aktivis demokrasi, Fadjroel Rachman, mengaku akan kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Fadjroel akan mengajukan kembali uji materi kedua ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Karena tahun 2009 kan, gagal. Kami kalah 53. Kemudian dengan alasan bahwa konstitusi di UUD 1945 tak mengizinkan," ujarnya seusai acara Talkshow gerakan mahasiswa dan pemberantasan korupsi di Indonesia dan peluncuran buku 'belajar merawat Indonesia' di kafe Bakoel Kofie, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2012).

Pengajuan uji materi yang kedua kalinya ke MK ini, akan dilakukannya pada tahun ini. "Kalau memang diizinkan, insya Allah saya akan maju dalam calon Pilpres 2014," ungkapnya.

Akan tetapi, kata dia, masalah saat ini yang dia hadapi adalah Ketua MK Mahfud MD adalah termasuk orang yang anti calon independen. "Tapi kalau kita lihat momentum politiknya, dia (Mahfud MD) juga ingin jadi presiden. Jangan-jangan kan? Walaupun kami punya peluang menunggu Pak Mahfud berhenti di 2013," tuturnya.

Masalah lainnya yang dia hadapi nanti, yakni kalau pihaknya mengajukan di 2013, umumnya persidangan ini akan panjang. "Dulu waktu kami mengajukan enam bulan, dan revisi itu satu-satu," imbuhnya.

Akan tetapi, ia mengaku optimis dan akan menempuh secara legal konstitusi. "Buktinya kami sudah melewati tiga tahap kan, tahap awerness. 2007 mana ada orang kenal calon independen," katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0483 seconds (0.1#10.140)