Pengemudi & kondisi kendaraan penyebab kecelakaan

Senin, 13 Februari 2012 - 18:21 WIB
Pengemudi & kondisi kendaraan penyebab kecelakaan
Pengemudi & kondisi kendaraan penyebab kecelakaan
A A A
Sindonews.com - Kasus-kasus kecelakaan terjadi di seluruh Indonesia. Faktor utama dari sejumlah kasus kecelakaan itu adalah disebabkan kondisi pengemudi dan kondisi kendaraan, tek terkecuali akibat jumlah penumpang yang berlebihan.

Selain itu, kecepatan tinggi, kondisi jalan dan kondisi cuaca juga menjadi penyebab terjadinya sebuah kecelakaan.

"Kalau kelebihan penumpang, seperti terjadi di NTT, truk mengangkut puluhan siswa dan mengalami kecelakaan. Diharapkan semua pengguna jalan menghormati peraturan lalu lintas," ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Senin (13/2/2012).

Pada kesempatan itu dia juga menyinggung maraknya kecelakaan yang dialami pengendara sepeda motor. Persoalan tidak disiplin dalam mematuhi aturan lalu lintas, menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kecelakaan sepeda motor.

Apa lagi jumlah pengendara sepeda motor semakin meningkat, akibat mudahnya dalam mendapatkan kendaraan roda dua tersebut. Bahkan, sepeda motor dianggap efektif untuk menembus kemacetan lalu lintas.

"Faktanya banyak pengguna sepeda motor yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan ugal-ugalan di jalan," tuturnya.

Saud menambahkan, saat ini Polri juga telah membuka informasi seluas-luasnya bagi masyarakat menyangkut lalu lintas dan berkendaraan. Slah satu hasilnya, kepolisian telah menampung banyak keluhan masyarakat.

"Apabila ada penyimpangan-penyimpangan, informasikanlah. Kan kita ada twitter, Facebook, atau lapor ke petugas kepolisian terdekat. Bila ada keberatan di masyarakat, segera lapor agar polisi segera mengambil langkah-langkah," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7946 seconds (0.1#10.140)