Satuan Gultor TNI lumpuhkan teroris di Bandung

Rabu, 01 Februari 2012 - 17:30 WIB
Satuan Gultor TNI lumpuhkan teroris di Bandung
Satuan Gultor TNI lumpuhkan teroris di Bandung
A A A
Sindonews.com - Satuan Penanggulangan Teror (Gultor) TNI dari gabungan tiga matra (Satuan-81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Den Bravo 90 Paskhas TNI AU) berhasil melumpuhkan sejumlah teroris dan menyelamatkan penumpang serta awak pesawat yang disandera di Lanud Husein Sastranegara Bandung, dini hari tadi.

Sambutan tertulis Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono yang dibacakan Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen Hambali Hanafiah mengatakan, serbuan terhadap teroris itu merupakan latihan penanggulangan teror yang diselenggarakan TNI Tri Matra VI TA. 2011, sejak 30 Januari 2011 sampai 1 Februari 2012.

"Latihan penanggulangan teror TNI Tri matra VI TA. 2011 merupakan latihan yang melibatkan seluruh Pasukan Khusus TNI dari ketiga matra yang bertujuan untuk mewujudkan konsep strategis penanggulangan teror dalam rangka menghadapi aksi terorisme yang mengancam keamanan NKRI," ujarnya dalam rilis yang diterima Sindonews, Rabu (1/2/2012).

Ditambahkan dia, latihan ini mengambil tema "Satuan tugas gabungan pasukan TNI (Satuan-81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Denbravo 90’ Paskhas TNI AU) dalam melaksanakan operasi Gultor terpadu".

"Latihan dimaksudkan untuk meningkatkan dan memelihara kualitas prajurit TNI, serta kesiapan operasional Satuan Penanggulangan Teror TNI dari tiga matra. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana dan gambaran untuk pelaksanaan penanggulangan teror dalam bentuk gabungan Satuan TNI," terang Hambali.

Dijelaskan, latihan berlangsung selama tiga hari, diawali dengan latihan pendahuluan di Lanud Halim Perdanakusuma. Sedangkan pelaksanaan latihan penanggulangan teror yang sesungguhnya dilaksanakan di Lanud Husein Sastranegara, Bandung dan ditinjau langsung oleh Kasum TNI Letjen TNI J Suryo Prabowo beserta para undangan lainnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4752 seconds (0.1#10.140)