TNI butuh tank Leopard untuk jaga perbatasan

Rabu, 01 Februari 2012 - 13:40 WIB
TNI butuh tank Leopard untuk jaga perbatasan
TNI butuh tank Leopard untuk jaga perbatasan
A A A
Sindonews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyambut baik rencana pembelian tank Leopard dari Belanda. TNI berharap rencana tersebut bisa dibahas dengan baik di tingkat DPR. Karena Tank tersebut dibutuhkan untuk menjaga Kedaulatan NKRI.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksda Iskandar Sitompul mengatakan, pihak TNI sangat menyambut baik rencana pembelian tank Leopard untuk kebaikan bersama bangsa ini. Namun karena masih adanya perdebatan terkait rencana ini, TNI menyerahkan semuanya ke DPR.

"TNI mengharapkan adanya tank Leopard. Namun, kita masih menghormati instansi yang terlibat seperti DPR. Kalau DPR masih menggodok mari kita diskusikan bersama dengan baik, apa keperluan dan keuntungannya," ujar Iskandar Sitompul kepada Sindonews, Rabu (1/2/2012).

Menurutnya, jika ada kontroversi tentang pembelian tersebut, TNI akan menerima semuanya. Namun, TNI berharap rencana tersebut bisa dikomunikasikan secara baik. "Sehingga nanti ada ada titik temu soal keputusan, kita sepakati bersama dan kita terima," ucapnya.

Iskandar menjelaskan pembelian tank baru sangat diperlukan untuk memperkuat pertahanan, khususnya di wilayah Indonesia yang mempunyai perbatasan darat.

"Tentunya kita banyak perbatasan-perbatasan darat, itu perlu untuk menangkal di daerah perbatasan sebagai daya tangkal negara kita. Hal tersebut merupakan konsep minimum esensial force yang dibuat oleh Panglima TNI, perlu adanya alusista AD dan AU," jelasnya.

Sebelumnya Komisi I DPR tidak menyetujui rencana pemerintah yang hendak membeli 100 tank bekas jenis Leopard dari Belanda. Pasalnya alat tempur ini dinilai spesifikasinya tidak cocok dipergunakan dengan kondisi hutan dan pegunungan atau sesuai kondisi geografis Indonesia. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)