Rasa aman perempuan terus menurun

Jum'at, 27 Januari 2012 - 16:04 WIB
Rasa aman perempuan terus menurun
Rasa aman perempuan terus menurun
A A A
Sindonews.com – Komisi Nasional(Komnas)Perempuan mencatat, kasus kekerasan seksual terhadap perempuan tak kunjung turun, bahkan meningkat tajam setiap tahunnya.

Wakil Ketua Komnas Perempuan Siti Masruchah mengatakan, sejumlah kasus kekerasan, khususnya kekerasan terhadap perempuan sudah banyak terjadi sebelum masa reformasi.

Dari tahun 1998 hingga 2011, lanjutnya, fakta-fakta kekerasan terhadap perempuan adalah soal-soal yang terkait dengan relasi kuasa timpang.

"Artinya, ada yang dikorbankan, ada yang lebih berkuasa dalam hal ini," ujarnya pada acara talk show DPD dengan topik 'Bila Negara Gagal melindungi Warganya' di Press Room DPD, Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Dari hasil pengamatan pihaknya selama ini, angka kekerasan terhadap perempuan selalu meningkat tajam per tahunnya.

"Data Komnas HAM Perempuan, selama 13 tahun ini seperempat dari seluruh angka kekerasan itu adalah kekerasan seksual," ungkapnya.

Kekerasan yang dimaksud adalah pemerkosaan yang terjadi masih berhubungan kerabat atau sedarah maupun yang dilakukan oleh orang lain. Fakta relasi yang terjadi atas pemerkosaan itu adalah antara pembantu dengan majikan, guru dengan murid, sopir dengan penumpang, kakek dengan cucu, orangtua dengan anak dan sebagainya.

"Inilah fakta yang ada di lapangan selama ini. Artinya, rasa aman perempuan atas kasus itu makin berkurang," pungkasnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0810 seconds (0.1#10.140)