Polri telusuri aliran dana ke aparat

Jum'at, 20 Januari 2012 - 07:47 WIB
Polri telusuri aliran dana ke aparat
Polri telusuri aliran dana ke aparat
A A A
Sindonews.com– Markas Besar Polri menelusuri temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TPGF) Mesuji mengenai ada aliran danadariperusahaanperkebunan ke aparat yang bertugas mengamankan di Mesuji,Lampung.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution memaparkan, pihaknya tengah mengusut kebenaran soal aliran dana tersebut. Polisi juga masih fokus dalam proses pidana tiga anggotanya yang bertugas mengamankan wilayah perkebunan di Mesuji.

“Nanti kita cek, apakah benar seperti itu.Tapi yang jelas untuk kasus di Register 45,dua anggota kita kan kita periksa sebagai tersangka dalam tewasnya warga setempat,” kata Saud di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis, 19 Januari 2012.

Saud mengatakan, ada tim Polri yang kini tengah melakukan kroscek terhadap temuan aliran dana ke aparat. Saud mengungkapkan, Polri berjanji menindaklanjuti setiap detil temuan TPGF.

Termasuk ada video baru yang menjadi bukti temuan TPGF. Dari video itu, TPGF menilai anggota Polri tak melaksanakan prosedur tetap (protap) No1/2009. Polisi terus melakukan pemeriksaan terhadap anggota kepolisian yang diduga terlibat dan lalai dalam menjalankan tugasnya. “Semua akan kami tindak lanjuti,” ujar dia.

Ketua TPGF Denny Indrayana mengungkapkan, temuan lainnya adalah aparat belum menerapkan prosedur tetap (protap) sesuai Peraturan Kapolri Nomor 1/2009 sehingga muncul masalah dalam penanganan massa pada ketiga tempat tersebut, baik dalam penggunaan kekuatan personel maupun tindakan yang diambil. Saud sempat memaparkan kronologis yang terjadi di Register 45.

Tim yang dipimpin Priyo dan berjumlah 60 personel akan melakukan upaya penertiban penggusuran warga.Pada saat penertiban itu warga melawan sehingga bentrokan terjadi antara polisi dan warga.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6781 seconds (0.1#10.140)