Skandinavia dukung KPK berantas korupsi

Selasa, 17 Januari 2012 - 18:05 WIB
Skandinavia dukung KPK berantas korupsi
Skandinavia dukung KPK berantas korupsi
A A A
Sindonews.com - Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir. Jika sebelumnya dukungan banyak berasal dari dalam negeri, sekarang dukungan itu berasal dari negara-negara Eropa Utara (Skandinavia).

Dukungan itu disampaikan langsung Duta besar tersebut adalah Dubes Norwegia Eivind Home, Dubes Finlandia Kai Sauer, Dubes Swedia Ewa Polano, dan Dubes Denmark Borge petersen, saat berkunjung ke gedung KPK.

Selain empat dubes dari negara bagian Skandinavia, tiga dubes Indonesia juga turut hadir dalam acara tersebut. Seperti Dubes Indonesia untuk Denmark Bomer Pasaribu, Dubes Indonesia untuk Finlandia Elias Ginting, dan Dubes Indonesia untuk Swedia Dewa Made Juniawan.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjajonto mengatakan, kunjungan para dubes itu untuk memberikan dukungan kepada KPK dalam memberantas korupsi. Mereka juga sempat bertanya tentang bagaimana cara dan kesulitan yang hadapi KPK dalam memberantas korupsi.

"Negara-negara Skandinavia mempunyai indeks persepsi korupsi (IPK) terbaik di Dunia (10 besar) berdasarkan data Transparency International. Mereka ke sini ingin memberikan dukungan kepada KPK," ujarnya di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Ditambahkan Bambang, inti dari kunjungan kedubes itu adalah ingin KPK lebih meningkatkan IPK-nya dalam hal pemberantasan korupsi. "Intinya mereka ingin KPK meningkatkan IPK," jelasnya.

Seperti diketahui, KPK tengah menangani banyak kasus korupsi, seperti mega skandal bank Century, suap proyek pembangunan Wisma Atlet, korupsi dalam proyek pusat pelatihan olahraga Hambalang, dan kasus suap cek pelawat dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004.

Selain itu, masih banyak kasus korupsi lain yang hingga kini mandek dan belum berhasil dituntaskan KPK. Bahkan, ada beberapa kasus yang memang belum diungkap, seperti kasus korupsi di tubuh TNI/Polri. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)