Pilpres picu konflik komunal dan horizontal

Selasa, 17 Januari 2012 - 14:05 WIB
Pilpres picu konflik komunal dan horizontal
Pilpres picu konflik komunal dan horizontal
A A A
Sindonews.com - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo mengakui maraknya konflik di berbagai daerah yang terjadi akhir-akhir ini. Bahkan, dia memprediksikan 2014 konflik komunal dan horizonal semakin meningkat.

Menurut Timur, ada lima faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya konflik komunal dan horizontal. Di antaranya adalah, terbataskan akses masyarakat di bidang agraria, pola pemberian izin kosensi lahan yang tidak sesuai dan mengabaikan dampak ekologis. Faktor ketiga, sengketa kepemilikan tanah yang belum selesai akibat tumpang tindihnya izin.

Selain itu, suhu politik menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2014 ikut andil mejadi penyebab. "Kodisi ini akan berpengaruh kepada potensi konflik," ungkap jenderal bintang empat itu dihadapkan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Penyebab terakhir, meningkatnya potensi konflik yang menurut pria kelahiran Medan itu adalah kesenjangan ekonomi di masyarakat.

Menyikapi hal itu, lanjut Timur, Polri sudah mempunyai strategi preemptif dan preventif. Strategi itu diterapkan dalam menghadapi semua konflik yang terjadi.

Selain itu, Timur juga mengungkapkan meningkatnya kasus korupsi, illegal loging, penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM), pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) serta kejahatan fiskal dari 2010 ke 2011. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7985 seconds (0.1#10.140)