Ratusan Kades minta Rp1,3 M dana APBN

Kamis, 12 Januari 2012 - 19:00 WIB
Ratusan Kades minta...
Ratusan Kades minta Rp1,3 M dana APBN
A A A
Sindonews.com - Ratusan Kepala Desa yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara, menggelar aksi unjuk rasa mendesak pemerintah segera merealisasikan Undang-undang (UU) Desa yang diwacanakan sejak 2007 lalu.

Koordinator aksi Parade Nusantara Sutra Wijaya mengatakan, dalam UU Desa yang kini tengah digodok oleh pemerintah mengatur anggaran desa sebesar 10 persen dari APBN atau sebesar Rp1,2 miliar.

"Saat ini setiap desa baru mendapatkan 1,3 persen dari APBN. Padahal bila dilihat secara real, 70 persen masyarakat Indonesia tinggal di pedesaan, dan tentu anggaran ini sangat kurang untuk pembangunan di pedesaan," ujarnya di Tangerang, Kamis (12/1/2012).

Jika anggaran Rp1,2 miliar itu direalisasikan, dia mengaku meningkatkan taraf perekonomian masyarakat desa dapat tercapai. Hal itu secara otomatis menunjang pembangunan infrastruktur yang relatif dan merata.

"Bila dana ini diterima desa, kita dapat melakukan pengelolaan potensi kekayaan alam di desa dengan lebih baik, hingga akhirnya dapat menekan laju urbanisasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat yang berefek pada kesejahteraan," tegas pria yang menjabat Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Tangerang ini.

Dalam aksinya, ratusan kepala desa ini menggelar orasi politik di Lapangan Pertamina, Bitung, Kabupaten Tangerang. Kepala desa itu berasal dari kepala desa se-Kabupaten Tangerang, Kota dan Kabupaten Serang, serta kepala desa se-Pandeglang. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7566 seconds (0.1#10.140)