Timsel KPU diminta transparan

Kamis, 12 Januari 2012 - 10:28 WIB
Timsel KPU diminta transparan
Timsel KPU diminta transparan
A A A
Sindonews.com - Direktur Lingkar Madani Indonesa Ray Rangkuti meminta tim seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lebih transparansi dalam mengumumkan siapa saja orang lolos dan tidak dalam pemilihan anggota KPU dan Bawaslu 2014.

"Beberapa pelamar mengadukan keheranan tentang pengumuman kelulusan adminstratif. Menurut mereka, persyaratan administratif yang ditetapkan telah mereka penuhi, tapi nama mereka tidak dicantumkan sebagai orang yang lolos persyaratan," ujarnya saat berbincang dengan Sindonews, Kamis (12/1/2012).

Timsel juga diminta segera mengumumkan siapa yang lolos dan faktor-faktor apa saja yang membuat seseorang dinyatakan tidak lolos. Hal ini penting untuk menghindari kecurigaan masyarakat dan mencegah langkah-langkah hukum oleh pihak yang tidak diloloskan, tetapi sebenarnya memenuhi persyaratan sesuai ditentukan.

"Itulah ujian dan tindakan keterbukaan yang sesungguhnya. Dengan begitu, mereka yang dinyatakan tidak lolos memahami faktor-faktor ketidaklolosan mereka. Bagi mereka yang tidak puas atau mungkin merasa dicurangi akan dapat menempuh langkah-langkah hukum. Itulah makna transparansi," terang Ray.

Ditambah dia, setiap warga negara berhak mengetahui apa yang menjadi sebab bersangkutan tidak bisa mendapatkan haknya di republik ini. Setiap warga negara tidak boleh merasa didiskriminasi akibat ketidaktauan informasi.

"Jika langkah-langkah seperti itu tak dilakukan oleh timsel, langkah awal transparansi itu mulai mengarah kepada ketertutupan," jelasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6313 seconds (0.1#10.140)