KPK jangan tunda bongkar kasus besar korupsi

Selasa, 10 Januari 2012 - 13:49 WIB
KPK jangan tunda bongkar kasus besar korupsi
KPK jangan tunda bongkar kasus besar korupsi
A A A
Sindonews.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan dukungannya kepada pemimpin baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad untuk membongkar kasus-kasus besar korupsi. DPR percaya KPK Baru sudah on the track.

Wakil Ketua DPR RI Anis Matta mengatakan, KPK harus diberi dukungan moril untuk mengambil langkah-langkah besar untuk pemberantasan korupsi. Ujian KPK memang ada di tahun pertama ini, sejauh mana mereka mampu membuat gebrakan-gebrakan besar.

"Kasus Century ini kan pemeriksaan sudah berjalan, tidak terlalu sulit KPK untuk menyelesaikan masalah tersebut. Yang diperlukan KPK sekarang ini adalah keberanian moral dan fokus kepada masalah-masalah besar saja," Kata Anis di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Menurutnya, KPK hanya perlu mendelegasikan kasus-kasus kecil ke kepolisian dan kejaksaan. Sehingga masalah-masalah ditangani KPK hanyalah masalah-masalah besar.

"KPK sekarang sudah on the track. Cuma mereka perlu membuktikannya di awal tahun ini supaya optimisme dan kepercayaan publik kembali lagi ke KPK.

"Saya kira tidak sulit bagi KPK untuk menyelesaikan masalah-masalah besar, jadi jangan ditunda-tunda lagi untuk membongkar kasus besar korupsi," ucap Anis.

Dia menambahkan, kemampuan KPK jilid III ini sudah tidak diragukan lagi, dari pemilihannya saja, KPK itu sudah melalui proses, mulai dari Pansel (panitia seleksi) hingga fit and proper test.

"DPR percaya dan berhusnudzon, terpilihnya (pimpinan baru KPK) ini untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat," tutur Anis.

DPR siap memberi dukungan kepada ketua KPK terpilih. Apalagi, kata Anis, Abraham telah mengaku siap mendukung program-program KPK untuk memberantas kasus-kasus tindak pidana korupsi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3019 seconds (0.1#10.140)