Marzuki pusing hadapi kebiasaan bolos anggotanya

Senin, 09 Januari 2012 - 13:29 WIB
Marzuki pusing hadapi kebiasaan bolos anggotanya
Marzuki pusing hadapi kebiasaan bolos anggotanya
A A A
Sindonews.com - Menghadapi kebiasaan anggota DPR yang malas hadir dalam rapat paripurna, rupanya bikin pusing Ketua DPR, Marzuki Alie. Dengan nada sedikit kesal, Marzuki mengatakan nyaris tak berdaya dalam menghadapi sikap malas anggotanya di DPR.

Politikus Partai Demokrat ini hanya bisa meminta kepada Fraksi masing-masing di DPR untuk menertibkan anggotanya yang kerap bolos rapat. Selain Fraksi, menurutnya partai politik (parpol) masing-masing juga perlu menertibkan anggotanya itu.

"Partai harus terbuka, anggota DPR adalah anggota partai. Partai yang harus menindak anggotanya, itu yang penting," ujar Marzuki usai memimpin sidang paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/1/2012).

Pada kesempatan itu, dia juga menegaskan, melalui Badan Kehormatan (BK) para anggota yang bolos ini akan segera ditindak tegas. Lanjutnya, demi mempermudah BK mendata tingkat kehadiran anggota dewan, DPR tengah merencanakan sistem absensi elektronik melalui mesin pemindai sidik jari. "Selain itu dengan finger print, mereka akan baik lagi," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rapat paripurna DPR terpaksa molor akibat minimnya kehadiran para anggota dewan. Rapat, seharusnya dimulai pukul 09.00 WIB terpaksa dimulai pukul 10.00 WIB. Pada saat rapat dibuka hanya dihadiri 280 anggota dari 560 jumlah total anggota DPR.

Sesuai daftar presensi rapat, para anggota DPR yang hadir berdasarkan fraksi sebagai berikut, anggota dari Fraksi Partai Demokrat 79 orang, anggota Fraksi Golkar 50 orang, dan anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) 50 orang.

Selanjutnya, anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) 34 orang, anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) 22 orang, anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) 12 orang, anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) 12 orang, anggota Fraksi Partai Gerindra 13 orang, dan anggota Fraksi Hanura 8 orang.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9561 seconds (0.1#10.140)