Hadapi Covid-19, Kasad Instruksikan Fasilitas Lab RSPAD Ditambah

Kamis, 09 April 2020 - 12:27 WIB
Hadapi Covid-19, Kasad Instruksikan Fasilitas Lab RSPAD Ditambah
Hadapi Covid-19, Kasad Instruksikan Fasilitas Lab RSPAD Ditambah
A A A
JAKARTA - Menghadapi pandemi Covid-19, Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto terus memberikan pelayanan terbaik. Termasuk mempermudah proses menangani pasien yang terpapar maupun yang sudah positif Covid-19.

Untuk menunjang pelayanan tersebut, RSPAD menyiapkan laboratorium PCR rapid test Covid-19 yang saat ini sudah mulai beroperasi. Penyediaan laboratorium tersebut, tak lepas dari pantauan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa lewat teleconference bersama dengan jajaran TNI AD dan RSPAD, Senin (6/4/2020).

Dalam teleconference, dr. Budi dari RSPAD melaporkan kepada Kasad bahwa adanya laboratorium rapid test tersebut memberikan kepastian yang lebih baik di dalam membuat diagnosis. “Dapat kami jadikan acuan di dalam diagnosis, penanganan maupun edukasi kepada pasien yang rawat jalan,” kata dr. Budi.

Sesuai arahan Jenderal Andika, dalam satu hari dilakukan dua kali pengumpulan sampel untuk pemeriksaan laboratorium. Sesi pertama, sampel dikumpulkan batas waktu pukul 11.00 WIB, sesi kedua dengan batas waktu pukul 17.00 WIB. Sampel yang terkumpul akan menjalani uji lab selama 5 jam.

Andika mengaku akan menambah jumlah centrifuge yang dibutuhkan dalam laboratorium. Jenderal bintang empat itu akan menambah 2 centrifuge dari 3 item yang sudah ada sehingga menjadi 5 centrifuge untuk mempercepat proses uji lab. Centrifuge merupakan alat untuk menguji sampel virus dari pasien yang terpapar Covid-19.

“Tambahkan saja 2 centrifuge lagi agar kita bisa beri pelayanan yang cepat. Kalau ada 5 centrifuge, kita bisa lebih maksimal melakukan uji sampel dalam setiap sesi,” ujarnya.

Selain menambah centrifuge, Andika juga menginstruksikan untuk penambahan personel analis di laboratorium. Tujuannya agar jam kerja para analis tidak terlalu panjang karena harus menjalani 2 kali sesi uji laboratorium. “Kalau perlu tambahkan lagi analisnya agar ada cadangan sehingga jika ada yang berhalangan ada penggantinya,” ujarnya.

Kasad juga memerintahkan kepada jajarannya mencari beberapa analis TNI AD untuk diperbantukan dalam laboratorium rapid test Covid-19 di RSPAD.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)