Psikolog Militer Diterjunkan Bantu Pulihkan Mental Pasien Corona

Selasa, 21 April 2020 - 00:54 WIB
loading...
Psikolog Militer Diterjunkan Bantu Pulihkan Mental Pasien Corona
Dinas Psikologi TNI AD mengirim psikolog militernya untuk bergabung dengan Satgas TNI, Komando Tugas Gabungan Terpadu di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto/Ilustrasi/Okezone
A A A
JAKARTA - Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad) mengirim psikolog militernya untuk bergabung dengan Satgas TNI, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Psikolog militer bertugas membantu memulihkan kondisi mental pasien penderita Corona atau Covid 19,

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) Brigjen TNI Dr Eri Radityawara Hidayat dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Senin 20 April 2020 seperti dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat.

Acara pemberangkatan Tim Dispsiad ini dipimpin langsung oleh Kadispsiad dengan jumlah personel tiga orang dipimpin Kapten Didon Permadi.

Eri menjelaskan, sesuai surat perintah Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Sprin/1254/IV/2020 tanggal 17 April 2020, Tim Dispsiad akan bertugas selama satu bulan di Wisma Atlet, Kemayoran. ( )

Dalam pelaksanaan tugasnya, Tim Psiad akan bergabung dengan Tim Psikologi TNI AL dan Tim Psikologi TNI AU serta relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

“Kegiatan yang akan dilakukan oleh tim psikologi adalah untuk menjaga kesehatan mental para pasien yang terpapar oleh Covid-19. Seperti kita ketahui bersama, pada saat ini belum ada vaksin untuk menanggulangi Covid-19 sehingga para penderita Covid-19 harus dapat melawan virus ini melalui imunitas tubuhnya sendiri, “ ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu faktor yang dapat mengurangi imunitas tubuh adalah stres dan rasa takut yang dihadapi para pasien Covid-19. Stres membuat merasa bosan saat diisolasi, tidak bisa tidur dan mengalami depresi.

“Untuk itu, para personel tim psikologi akan mendukung tugas Satgas Kesehatan dalam memulihkan kondisi psikologis pasien Covid-19 di Wisma Atlet sehingga mereka dapat sehat kembali, baik secara fisik maupun psikis dan memiliki imunitas tubuh yang dibutuhkan untuk melawan Covid-19,“ tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)