Pemerintah Sebut Telah Sebarkan Ratusan Ribu APD ke Seluruh Indonesia

Kamis, 02 April 2020 - 20:05 WIB
Pemerintah Sebut Telah Sebarkan Ratusan Ribu APD ke Seluruh Indonesia
Pemerintah Sebut Telah Sebarkan Ratusan Ribu APD ke Seluruh Indonesia
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona(COVID-19), Achmad Yurianto mengatakan saat ini telah menyebarkan ratusan ribu alat pelindung diri (APD) ke dinas kesehatan di sejumlah provinsi di seluruh Indonesia.

APD itu disebar ke Pemprov DKI Jakarta sebanyak 85.000 unit, Jawa Barat sebanyak 55.000 unit, Jawa Tengah sebanyak 20.000 unit, Jawa Timur sebanyak 25.000 unit, Yogyakarta sebanyak 10.000 unit, Bali sebanyak 12.500 unit, Banten sebanyak 10.000 unit, serta daerah di luar Jawa dan Bali sebanyak 1.000-5.000 unit.

“Distribusi kami adalah di Dinas Kesehatan Provinsi. Ini akan terus kami lakukan sejalan dengan kebutuhan yang terus ada dan kemampuan produksi yang sudah bisa kita akumulasikan,” ungkap Yuri dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Yuri menegaskan penyaluran APD tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah membantu tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19. “Ini menjadi kesungguhan pemerintah di dalam kaitan untuk memberantas keseluruhan penyakit COVID-19 ini.”

Sementara, kata Yuri untuk Rumah Sakit yang berada di wilayah provinsi dapat menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi setempat untuk mendapatkan APD. “Oleh karena itu kita akan meminta rumah sakit rumah sakit yang berada pada wilayah provinsi tersebut untuk bisa menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi jika membutuhkan APD,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Yuri juga meminta masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai dari penularan virus ini. “Kekuatan kita adalah berada di masyarakat untuk konsisten disiplin menjaga jarak dalam berkomunikasi sosial. Agar tidak terjadi penularan secara langsung dari orang yang positif kepada orang lain,” ucapnya.

Hal ini penting dan harus dijadikan kebiasaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. “Baik pada saat di rumah maupun berada di luar rumah hindari kegiatan-kegiatan yang penuh sesak dari kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkumpul hindari kerumunan karena dengan cara inilah maka kontak bisa kita jaga dengan baik,” kata Yuri.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6017 seconds (0.1#10.140)